2018年6月8日金曜日

Indonesia Raya 偉大なインドネシア

Indonesia Raya

偉大なインドネシア


Indonesia tanah airku
インドネシアは私達の祖国だ
Tanah tumpah darahku
私達の生まれ故郷だ
Disanalah aku berdiri
そこに私達は立ち
Jadi pandu ibuku
母国の導き手となる
Indonesia kebangsaanku
私達はインドネシア人だ
Bangsa dan Tanah Airku
私達の民族と祖国はインドネシアだ
Marilah kita berseru
さあ、みんな大きな声で叫ぼう
Indonesia bersatu
インドネシアはひとつだ

Hiduplah tanahku
私達の土地、万歳!
Hiduplah negriku
私達の国、万歳!
Bangsaku Rakyatku semuanya
私達の民族、私達の国民みんな
Bangunlah jiwanya
精神よ、目覚めよ
Bangunlah badannya
肉体よ、目覚めよ
Untuk Indonesia Raya
偉大なインドネシアのために

Indonesia Raya
偉大なインドネシア
Merdeka Merdeka
独立、独立
Tanahku negriku yang kucinta
愛する私達の土地、愛する私達の国

Indonesia Raya
偉大なインドネシア
Merdeka Merdeka
独立、独立
Hiduplah Indonesia Raya
偉大なインドネシア、万歳!

Indonesia Raya
偉大なインドネシア
Merdeka Merdeka
独立、独立
Tanahku negriku yang kucinta
愛する私達の土地、愛する私達の国

Indonesia Raya
偉大なインドネシア
Merdeka Merdeka
独立、独立
Hiduplah Indonesia Raya
偉大なインドネシア、万歳!

<Terjemahan oleh Yamada 翻訳・山田>

<語句>
hidup 万歳!(= 英 long live!)
kebangsaan 国籍 (英 nationality)
tanah tumpah darah = tanah kelahiran
tanah tumpah darahku = kampung halaman tempat dilahirkan ke dunia 生まれ故郷
ibu pertiwi = 祖国 tanah air, 生まれ故郷 tanah tumpah darah 


Satu nusa, satu bangsa, satu bahasa : Indonesia.
Sumpah Pemuda
旧綴り oe → u,  旧綴り j → y,  旧綴り dj → j
Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia. 


pandu  道案内人、ガイド → みちびきて、導き手 
panduan  ガイド
pandu / penunjuk jalan  みちしるべ、道標
memandu / memimpin  みちびく、導く
pandu 導き手(みちびきて)進むべき進路を指し示す者、案内する者、指導する者などを意味する語。案内者または指導者のこと。
ibu pertiwi 祖国、母国
この部分のもともとの歌詞は Menjaga pandu ibuku である。後に Jadi pandu ibuku に変更された。Jadi pandu ibu ku aslinya: Menjaga pandu ibuku (Halaman 195, Kamus Musik, 2003) 
pandu   1 penunjuk jalan 道標(みちしるべ); perintis jalan 道案内; 2 mualim (di kapal)水先案内人; 3 kapal penunjuk jalan (dalam pelabuhan) 大型船の入出港のときに、港内を誘導するパイロット(水先[みずさき]案内人)を運ぶ船; 4 anggota perkumpulan pemuda yang berpakaian seragam khusus, bertujuan mendidik anggotanya supaya menjadi orang yang berjiwa kesatria, gagah berani, dan suka menolong sesama makhluk プラムカ団員;
(Pramuka dan Pandu apakah berbeda? Jawabannya adalah tidak, kedua kata tersebut merupakan kata yang sama.)