2018年6月18日月曜日

halaman 28 - 30

     Sebelum abad ke-20 di mana nasionalisme Indonesia belum berkembang mantap, elite yang terdapat di dalam masyarakat Indonesia masih bersifat kedaerahan. Mereka hanya terpandang dan dihormati terbatas dalam lingkungan daerah masing-masing. Kekuasaan pemerintah kolonial Belanda yang telah menguasai daerah-daerah di Indonesia ternyata tidak merubah kedudukan golongan elite tersebut. Hal ini disebabkan karena tenaga dan kekuasaan mereka tetap dipertahankan oleh pemerintah kolonial untuk membantu kelancaran administrasi pemerintah kolonial. Tercakup dalam kebijaksanaan ini ialah usaha untuk menghemat biaya pemerintahan, di samping murahnya tenaga bangsa Indonesia.
インドネシアの民族主義がまだしっかりと発展していなかった20世紀以前、インドネシア社会の中に登場したエリートはまだ地域性を帯びていた。エリートはただそれぞれの地方の環境の中だけで尊敬されていた。インドネシアの各地方をすでに支配していたオランダ植民地政府の権力は、そのエリート層の地位を変えないことがはっきりした。このことは、植民地政府の統治が円滑に行われるのを補助させるため、エリートの労働力と権力が植民地政府によりしっかり守られていたからである。インドネシア人労働力の安さのほかに、統治に必要な経費節減に努めることがこの方針の中に含まれていた。

ternyata あきらかになった
menguasai 支配する
terdapat 見出される
terpandang 尊敬された(英語 highly regarded)
mantap しっかりした、強固な、安定した
usaha 事業 intiative
kebijaksanaan, bijaksana 方針 (英語 policy)
tercakup, cakup 含まれる、カバーする (英語 include, cover)
di samping ~のほかに、~とともに (英語 besides)
pemerintahan 統治
倫理政策時代には、給料の安い現地民の下級職員を植民地支配の道具として利用することを目的に養成するため、初等、中等学校が新設された。- Wikipedia(解釈)白人がやってることを安い賃金のインドネシア人にさせれば経費節減になるやんということで、今も昔も権力者の考えることはいっしょやなぁ。

Politik etis yang dijalankan di Indonesia pada akhir abad ke-19 mulai merubah keadaan yang tradisional tersebut. Perluasan pengajaran dan pengaruh penerobsan ekonomi-uang telah memungkinkan terjadinya pergeseran-pergeseran dan perubahan status-sosial seseorang.
19世紀末にインドネシアで実施された倫理政策は前述の伝統的状況を変え始めた。教育の拡大と貨幣経済に突入した影響は、摩擦と人々の社会的地位の変化を惹き起こすことが可能になった。

etis ( ethical, ethics) 倫理、道徳
geser, pergeseran 摩擦

Kota-kota besar yang menjadi pusat pengajaran/pendidikan, perdagangan dan industri merupakan tempat bertemunya pelajar-pelajar dan pemuda-pemuda dari berbagai daerah yang berbeda-beda adat-istiadat dan kedudukan sosial mereka. Ilmu yang sama-sama mereka terima dari bangku sekolah memberikan kepada mereka suatu keseragaman berpikir mengenai sesuatu. Hal ini memudahkan pendekatan-pendakatan sesama mereka. Khususnya dalam diskusi-diskusi yang dilakukan.
教育、商業、産業の中心となった大都市は、慣習や社会的地位が異なる各地からやって来た学生や若者が出会う場所であった。机を並べて共に学問を学ぶことにより、何かについて考える共通のものができた。このことは学生や若者がお互いに近づくことを容易にした。特に討論会の場で。

keseragaman 均一性、等質   seragam 制服
pendekatan 近づけること

Semua aspek yang terjadi di dalam masyarakat, mereka bicarakan dan perbandingkan antara satu daerah dengn daerah lainnya sehingga diperoleh suatu kesimpulan bersama. Umpamannya diskusi-siskusi awal yang dilakukan oleh pelajar-plajar STOVIA dan kemudian anggota Boedi Oetomo, mengambil kesimpulan bahwa tanpa perluasan pengajaran kemajuan bangsa Indonesia akan lambat sekali.
社会で起こったすべての状況を学生や青年が議論し、地方と地方を比較し、それで一緒にひとつの結論を得た。例えば、STOVIAの学生が行った最初の議論とその後 Boedi Oetomo の会員が行った議論では、教育の拡大がなければインドネシア民族の進歩は非常に遅れる、という結論に達した。

Juga hal yang sama dilakukan oleh Sarekat Islam dalam bidang ekonomi. Bahwa tanpa meningkatkan persatuan dan kerjasama antara semua pedagang pribumi, maka kekuasan kapitalis asing (Cina dan Barat) akan sulit diatasi.
イスラム同盟も経済の分野で同じことをした。つまり、すべての土着インドネシア人の商人の協力と団結の強化なしに外国人資本家(華人系と西洋系)に打ち勝つのは難しい、という結論だ。

Dalam bidang politik dapat dilihat tekad organisasi-organisasi daerah dan partai-partai politik untuk persatuan dan kesatuan bangsa. Jadi kelihatan secara lambat-laun bahwa jangkauan  pemikiran mereka sudah keluar dari batas daerah masing-masing.
政治の分野では、民族の統一と団結を目指す地方組織と政党の強固な意志が見られた。そのため徐々に彼らの考える範囲が自分の地方の境界から抜け出した。

jangkauan 手が届く範囲 (英 reach, range)
tekad 強固な意志
tekad v kemauan (kehendak) yang pasti; kebulatan hati
bertekad v berniat; bermaksud: dia ~ belajar sebaik-baiknya agar menjadi mahasiswa teladan di kotanya
町で模範生となれるようおもいっきり勉強するぞ!とその人は固い決意を表明をした。
teladan お手本 mahasiswa teladan 模範生
(解釈)社会状況や政治のことについて、今までは自分が生まれ育った地方のことしか考えてなかったのに、徐々によその地方のことも考えるようになり、ついにはインドネシア全土、国家全体のことを考えるようになった。

Muncullah waktu itu beberapa tokoh pemimpin nasionalis yang berpengaruhi di kalangan rakyat, seperti dr. Sutomo, HOS. Tjokroaminoto, dr. Tjipto Mangunkusumo, H. Agus Salim dan Abdul Moeis pada masa-masa awal Pergerakan Nasional; Ir. Sukarno, Drs. Moh. Hatta, Sutan Sjahrir, Mr. Muh. Yamin dan sebagainya pada waktu berikutnya.
その時、人々の間で影響力のある数人の民族主義指導者が現れた。民族主義運動初期では、dr. Sutomo, H.O.S. Tjokroaminoto, dr. Tjipto Mangunkusumo, H. Agus Salim dan Abdul Moeis である。その後は、Ir. Sukarno, Drs. Moh. Hatta, Sutan Sjahrir, Mr. Muh. Yamin などである。

(訳注) Nasionalisme adalah suatu sikap politik dari masyarakat suatu bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan, dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan, dengan demikian masyarakat suatu bangsa tersebut merasakan adanya kesetiaan yang mendalam terhadap bangsa itu sendiri.
H.O.S. = Hadji Oemar Said
H.O.S Tjokroaminoto merupakan salah satu pemimpin organisasi pertama di Indonesia, yaitu Sarekat Islam.

スータン・シャフリル(Sutan Sjahrir, 1909-1966)  インドネシアの植民地時代から独立国家初期にかけて活動した民族主義運動家、政治家である。インドネシア独立宣言後、スカルノ大統領のもとで同国の初代首相となった。その後、インドネシア社会党を率いたが、スカルノとの政争に敗れ、スカルノの「指導される民主主義」期に逮捕された。その後、病気療養のために出国が認められ、そのまま亡命先のスイスで客死した。
モハマッド・ハッタ(Mohammad Hatta, 1902-1980)  インドネシア共和国の初代副大統領(1945年-1956年)である。初代大統領となったスカルノとともに、インドネシアの民族主義運動、独立運動において主導的役割を果たした。その一方でスカルノとは出自、性格、信条においてきわめて対照的であり、スカルノの鋭い批判者でもあった。
Drs. 修士 Doktorandus merupakan gelar yang diberikan kepada orang yang hampir mencapai gelar doktor.
Moh. = Mohammad  
Ir. = insinyur 技師  
Muh. = Muhammad

     Dalam menumbuhkan elite nasional ini pengaruh sistim pendidikan Barat, terutama di perguruan tinggi, sangat menonjol. Dengan ilmu, mereka mencari ide dan  pemikiran sendiri untuk kemajuan masyarakat. Keahlian seseorang dalam suatu ilmu mendesak keturunan sebagai ukuran bagi penentuan status seseorarng.
民族エリートの成長において西洋式教育、特に大学の影響が非常に顕著であった。学問で彼らは社会進歩のための理念や独自の考えを探求した。学問の優秀さが、人の地位を決定する基準としての血筋とか家柄などを押しやった。

ide 理念 (計画などの根底にある根本的な考え方)
tonjol, menonjol
desak, mendesak (さがったり避けたりするまで身体で)押す
(解釈) つまり、血筋とか家柄ではなく、学問の優秀さが人の地位を決める基準となりつつあった。

Kaum terpelajar yang tumbuh menjadi elite nasional sadar bahwa belenggu tradisionil yang mengikat daerah-daerah, dan juga diskriminasi rasial yang dijalankan pemerintah kolonial, sangat menghambat bagi cita-ciata nasionalisme Indonesia, yaitu menggalang persatuan nasional dan mencapai kemerdekaan nasional.
民族のエリートに成長した知識人たちは、自分たちを地方に縛り付ける伝統的な手かせ足かせ、そしてまた植民地政府がしている人種差別、それらが民族独立と民族統一を目指すインドネシア民族主義の大いなるこころざしにとって大きな妨げになることに気付いた。

hambat, menghambat 妨げる、じゃまする
cita-cita 大志、理想
Pelopor pedidikan Islam modern di Indonesia
(Diorama Museum Sejarah Tugu Nasional, Jakarta)
インドネシアの近代イスラム教教育の先駆者
(ジャカルタのMonas塔にある歴史博物館の立体模型)

pelopor 先駆者 (英語 pioneer)
tugu 塔 tugu peringatan 記念塔
Tugu Monas (Monumen Nasional) Jakarta
モナス塔(民族記念塔)ジャカルタ
Pada tanggal 17 Agustus 1961, Monas diresmikan oleh Presiden Soekarno.
スカルノ大統領自ら出席したモナスの定礎式は1961年8月17日に行われた。1961年8月17日、スカルノ大統領によりモナスが公式発表された。
Banyak orang belum tahu bahwa di bagian cawan Tugu Monas (Monumen Nasional) ada sebuah museum.
モナス塔の「茶碗」の部分に博物館があることを多くの人は知らない。