2018年3月23日金曜日

宗教 No.2-2 Agama ADAT ISTIADAT DI INDONESIA

Bahan-bahan pelajaran bagi para pelajar kelas II jurusan bahasa Indonesia


ADAT ISTIADAT DI INDONESIA


 No.2-2  Agama


   Agama kedua terpenting ialah agama Keristen yang terdiri atas golongan Katolik dan Protestan. Asal mulanya pelaut-pelaut Portugislah yang membawa agama Katolik ke Indonesia pada abad ke-16. Tetapi baru tiga abad kemudian, agama itu disebarkan oleh missi-missi gereja Belanda. Di beberapa daerah ada pusat-pusat agama Keristen yang kuat, antara lain di Maluku, Minahasa dan di Sumatera Utara.


<和訳 Terjemahan ke dalam bahasa Jepang>
重要な第二の宗教はカトリック派およびプロテスタント派から成り立っているキリスト教である。もともとは16世紀にポルトガル人の船乗り達がカトリック教をインドネシアへもってきたのだった。しかし、その宗教がオランダの教会の伝道師達によって普及されてからやっと3世紀たったばかりである。いくつかの地域、なかでもマルクー、ミナハサ、北スマトラにはキリスト教の有力な中心がある。

<語彙・文法 Perbendaharaan Kata & Tatabahasa>
terpenting = paling penting 
terdiri atas ~, terdiri dari ~ から成り立っている
asal mulanya 最初、もともとは
laut 海 → pe + laut = pelaut 船員、船乗り
missi (英語 mission) 宣教師、伝道師
gereja (英語 church) 教会
pusat (英語 center) 中心
antara lain なかでも、とりわけ


   Dua agama yang tertua di Nusantara, ialah agama Buddha dan Hindu. Pusat agama Buddha yang pertama ialah kerajaan Sriwijaya di Sumatera Selatan, yang didirikan pada abad ke-7. Kekuasaannya mencapai Jawa Tengah pada abad ke-9. Kebesaran agama tersebut di zaman itu dapat di lihat dari Candi Borobudur, suatu bangunan raksasa yang indah. Dewasa ini tidak banyak lagi orang Indonesia yang beragama Buddha.
   Sebelum agama Buddha sampai di Jawa Tengah, di situ terdapat kerajaan Hindu yang pertama, yakni kerajaan Mataram. Pusat agama itu kemudian dipindahkan ke Jawa Timur dan akhirnya ke pulau Bali, yang sampai sekarang, kebanyakan penduduknya beragama Hindu. Sejak puncak perkembangan agama itu pada abad ke-8, kebudayaan Jawa dan Bali mendapat pengaruh besar daripadanya.

<和訳 Terjemahan ke dalam bahasa Jepang>
ヌサンタラ(インドネシア群島)の最古の二つの宗教は、仏教とヒンズー教である。最初の仏教の中心は、7世紀に建てられた南スマトラのスリウィジャヤ王国である。その勢力は9世紀に中部ジャワに達した。その時代における仏教の偉大さは、壮麗な巨大建造物であるボロブドゥール霊廟を見ればわかる。現代では、仏教徒であるインドネシア人はもう多くない。中部ジャワに仏教が伝来する以前、そこには最初のヒンズー教王国があった、すなわちマタラム王国である。ヒンズー教の中心はやがて東部ジャワへ移り、そして最後にはバリ島へ移り、今日に至るまで住民のほとんどがヒンズー教を信仰している。8世紀にヒンズー教の発展が絶高頂に達して以来、ジャワやバリの文化はヒンズー教から大いに影響を受けている。

<語彙・文法 Perbendaharaan Kata & Tatabahasa>
tertua = paling tua 最も古い
raja 王 → ke + raja + an = kerajaan 王国
kekuasaan 勢力 (ke + kuasa + an)
capai, mencapai ~に達する = sampai di
Jawa Tengah 中部ジャワ
besar 大きい ke + besar + an = kebasaran 偉大さ
kebesaran 大き過ぎる Celanaku kebesaran. 俺のズボンは大き過ぎる。
tersebut 前述の、その
penduduk 住民
raksasa 巨人、巨大な
bangun 建てる bangun + an = bangunan 建造物(建てられた物)
dewasa ini 現代
yakni すなわち 
kebanyakan = sebagian besar ほとんど、大部分
puncak 頂、頂上
perkembangan 発展 (= per + kembang + an)
kebudayaan 文化
pengaruh 影響