2019年8月31日土曜日

halaman 80 - 81


Komando Rajawali - Versi Bahasa Jepang
インドネシア少年の抗日・対オランダ独立戦争(めこん, 2017)漫画



Walaupun Jepang minindas setiap pembrontakan dengan kejam, tetapi perlawanan rakyat Indonesia tidak berhenti. Sesudah pemberontakan Singaparna, maka pada bulan April 1944, rakyat Indramayu juga memberontak, disusul pada bulan Juli 1944 oleh rakyat Lohbener dan Sindang kesemuanya di daerah pantai utara Jawa Barat di dekat Cirebon.
反乱のたびに日本が残酷に抑えつけても、インドネシア人民の抵抗(レジスタンス)は収まることはなかった。Singaparna の反乱の後、1944年4月に Indramayu の民衆も蜂起した。1944年7月に Cirebon の近くの西ジャワの北部沿岸部の Lohbener と Sindang のすべての人々がそれに続いた。
 

<Perbendaharaan Kata 語彙>
tindas, menindas 弾圧する、押えつける、鎮圧する
susul, menyusul, disusul に続く、について行く、後を追う
semua, kesemua すべて、全部

Pada bulan November 1944 di Aceh meletus lagi pemberontakan yang di pimpin oleh seorang perwira Giyugun yang bernama Teuku Hamid. Ia melarikan 2 peleton Giyugun ke gunung untuk mengadakan pemberontakan.
1944年11月アチェで Teuku Hamid という名の義勇軍の将校が率いた反乱が勃発した。反乱を起こすため義勇軍の2小隊を連れて山に逃げた。


<Perbendaharaan Kata 語彙>

perwira 将校(少佐、中佐、大佐)
pleton 小隊(20人から40人の兵士からなる部隊)

Tetapi karena keluarganya diancam akan dibunuh, maka Teuku Hamid terpaksa kembali. Tidak lama kemudian di daerah Aceh juga timbul pemberontakan Pandrah di kabupaten Berena yang dipimpin oleh seorang kepala kampung dan dibantu oleh satu regu Giyugun.
しかし、家族を殺すぞと脅迫され、Teuku Hamid はやむを得ず戻った。その後まもなくアチェ地方で、義勇軍の一個分隊に支援され、村長が率いた Pandrah の反乱が Berena 県で起こった。

<Perbendaharaan Kata 語彙> 

Pandrah 地名
regu 分隊(12名から14名)

Dalam pemberontakan ini korban di pihak rakyat yang tidak bersenjata sangat besar sekali, dan hampir semua yang tertawan, dibunuh oleh Jepang.
この反乱で武器を持たない民衆側の犠牲は非常に大きかった。ほぼ全員が日本軍により捕らえられたり、殺されたりした。


<Perbendaharaan Kata 語彙>

 tawan 捕らえる、敵を捕虜にする

Kekejaman yang dilakukan oleh Jepang dalam menindas pemberontakan, tidak mematikan semangat rakyat mengadakan perlawanan. Salah satu pemberontakan yang terbesar pada zaman pendudukan Jepang adalah Pemberontakan Tentara Peta di Blitar.
反乱鎮圧の際日本軍が行なった残虐行為は抵抗する民衆の怒りを消し去ることはなかった。日本軍占領時代の最大の反乱のひとつはブリタールの義勇軍の反乱である。

Di Karesidenan Kediri dibentuk dua batalyon Tentara Peta, satu di antaranya berkedudukan di Blitar. Superijadi, seorang Syodanco (komandan peleton) Peta pada tanggal 14 Februari 1945 memimpin suatu pemberontakan daripada hampir seluruh batalyon.
ケディリ行政区には2つの郷土防衛義勇軍の歩兵大隊があった。そのひとつはブリタールに駐屯していた。1945年2月14日、小団長(20名から40名の小隊の隊長)、スプリヤディはほぼすべての大隊を率いて反乱を起こした。


<Perbendaharaan Kata 語彙> 

residen, keresidenan 行政区
batalyon 歩兵大隊

Sebab timbulnya pemberontakan itu adalah terutama karena anggota Peta tidak tahan lagi melihat kesengsaraan rakyat di daerahnya yang banyak di antaranya adalah sanak-keluarga dari prajurit batalyon Blitar, maupun banyaknya romusya yang mati selama dipekerjakan di daerah mereka.
反乱を起こした理由は、特に、ブリタール大隊兵士の親兄弟が大半である自分達の土地の民衆が悲惨な目にあっているのを見るに忍びなかったからであり、自分達の土地で強制的に働かされているロームシャの多くが働いている間に死んでいくのを見るに耐えられなかったからだ。

Sayang sekali pemberontakan mengalami kegagalan karena keadaan memang belum matang; kerjasama dengan batalyon-batalyon lain di sekitarnya tidak ada, dan rakyat tidak siap untuk mendukungnya.
非常に残念なことに、反乱は失敗した。なぜなら、機がまだ熟してなかったからだ。つまり、周辺の他の大隊との協力がなかった。民衆が反乱を支持する準備がなかった。

Dengan bujukan dan muslihat, akhirnya semua pemberontak tertangkap dan pemimpin-pemimpinnya diajukan ke depan mahkamah militer Jepang di Jakarta. Setelah mengalami sidang beberapa kali, maka kemudian mereka dijatuhi hukuman sesuai dengan peranannya masing-masing, ada yang mendapat pidana mati, seumur hidup dan sebagainya.

投降の呼びかけや策略により、結局、反乱軍は全員捕らえられてしまった。指導者らはジャカルタで日本の軍法会議にかけられた。数回の審理の後、各自の役割に応じて判決が下された。死刑や終身刑などの判決を受けた者がいた。


<Perbendaharaan Kata 語彙>

 bujuk 説き伏せる
mahkamah 裁判所
muslihat 策略
aju, mengajukan, diajukan 提案する、申請する
mengajukan gugatan 告訴を申請する
peranan 役割
pidana mati 死刑 = hukuman mati

Mereka yang mendapat hukuman terberat yaitu pidana mati adalah mereka yang dianggap pemimpin maupun mereka yang terbukti membunuh orang Jepang. Mereka itu adalah : dr. Ismangil, Muradi, Suparyono, Halir Mangkudidjaya, Sunanto dan Sudarmo.
最も重い刑すなわち死刑判決を受けた者は、指導者と考えられた者ならびに日本人殺害の証拠がある者であった。死刑判決を受けた者は、 dr. Ismangil, Muradi, Suparyono, Halir Mangkudidjaya, Sunanto と Sudarmo であった。

Sedangkan Supriyadi sendiri tidak disebut-sebut dalam sidang pengadilan dan juga tidak pernah diadili secara "in absentia" (tanpa hadirnya tertuduh). Pada umumnya orang menganggap bahwa ia telah tertangkap dan kemudian dibunuh secara diam-diam oleh Japang.
一方、スプリヤディ自身は軍法会議の審理で彼の名前を呼ばれることはなかった。また、欠席裁判でも審理されたこたことがなかった。一般的には、スプリヤディは捕らえられ、後に日本軍により秘密裡に殺害された、と言われている。

<Perbendaharaan Kata 語彙>

 sebut, menyebut, disebut (名前を)呼ぶ、の名前を出す
= mengucapkan nama (benda, orang, dan sebagainya); memanggil nama
secara diam-diam = 秘密裏(ひみつり)に=人に知られない状態で物事を行う、隠しながら何かをする

Pemberontakan Peta Blitar telah gagal, tetapi pengaruhnya sangat besar kepada semangat kemerdekaan Rakyat Indonesia yang meringkuk di bawah penindasan kekuasaan asing.
ブリタールの郷土防衛義勇軍の反乱は失敗してしまった。しかし、外国の支配の抑圧の下で身をかがめるインドネシア民衆の独立精神に与えた影響はとてつもなく大きいものだった。

<Perbendaharaan Kata 語彙> 

ringkuk 身をかがめる


Monumen PETA di Kota Blitar

 
Drama Pemberontaka PETA di Blitar
 
「インドネシアから見た日本軍」のYouTubeを見るには
下記のアドレスをクリックして下さい。