2019年4月7日日曜日

halaman 54 - 56

Di samping perserikatan yang bersifat nasional, juga ada yang berdasarkan agama, seperti Jong Islamieten Bond, Anshor Nahdatul Ulama, Pemuda Muhammadiyah, Persatuan Pemuda Kristen dan Persatuan Pemuda Katholik. Kebanyakan organisasi ini merupakan anak dari partai-partai politik. Juga ada organisasi yang terbatas lingkungannya, seperti Perserikatan Pemuda Taman Siswa, dan beberapa organisasi wanita.
民族主義的性質を持った連合の他に、宗教を基礎におく連合もある。例えば、Jong Islamieten Bond, Anshor Nahdatul Ulama, Pemuda Muhammadiyah, Persatuan Pemuda Kristen, Persatuan Pemuda Katholik である。これらの組織のほとんどは政党の下部組織である。また会員の範囲が限定された組織もある。例えば、Perserikatan Pemuda Taman Siswa やいくつかの婦人団体である。

<Kosakata atau perbendaharaan kata 語彙>
perserikatan 連合
lingkungan サークル、(だめ連)界隈、範囲


Di luar negeri juga didirikan beberapa organisasi pemuda di tempat-tempat di mana banyak pemuda Indonesia menuntut ilmu. Terutama di negara-negara Arab dan Negeri Belanda. Yang paling menonjol adalah Perhimpunan Indonesia di Negeri Belanda.
国外でも、多くのインドネシアの青年が留学している国、特にアラブ諸国とオランダで、いくつかの青年組織が作られた。もっとも顕著なのはオランダにある Perhimpunan Indonesia(インドネシア協会)である。

<Kosakata atau perbendaharaan kata 語彙>
tuntut, menuntut 要求する、の勉強・研究を続ける
tonjol, menonjol 目立つ、顕著な

 

C. MASA MODERAT
1. Pergerakan Kooperasi
Masa radikal Pergerakan Nasional mulai berakhir sejak tahun 1930. Kemunduran itu bukan disebabkan kurang radikalnya pemimpin-pemimpin Indonesia dalam perjuangannya, melainkan oleh sebab-sebab di luar kekuasaan mereka.
 

C. 穏健派の時代
1. 協力運動
1930年から民族主義運動の急進派の時代は終わりを告げ始めた。その後退は、闘うインドネシアの指導者らがあまり急進的でなくなったからではなく、指導者らの力が及ばない別の原因によるものだった。

<Kosakata atau perbendaharaan kata 語彙>
別の原因から生じる(英語)result from another cause
mundur, kemunduran 後退
kuasa, kekuasaan 力
kooperasi 協力(英語)co-operation
インドネシア語の場合「o」がひとつ抜けると ⇒ koperasi 生協、生活協同組合(英語)co-operative store
koperasi n perserikatan yang bertujuan memenuhi keperluan para anggotanya dengan cara menjual barang keperluan sehari-hari dengan harga murah (tidak bermaksud mencari untung);
-- konsumsi koperasi yang menyediakan keperluan sehari-hari bagi anggotanya;
-- produksi koperasi yang membuat barang dan dijual bersama-sama;
-- simpan pinjam koperasi yang khusus bertujuan melayani atau mewajibkan anggotanya untuk menabung, di samping dapat memberikan pinjaman kepada anggotanya;


Pertama, krisis ekonomi dunia yang juga melanda Indonesia mempengaruhi ekonomi Hindia Belanda yang justru menjadi tujuan utama penjajahan. Kedua, karena tindakan pemerintah semakin keras terhadap partai politik, lebih-lebih tindakan Gubernur Jenderal de Jonge yang sangat konservatif dan reaksioner.
一番目の原因は、インドネシアをも襲った世界恐慌が、まさに植民地支配の最も重要な目的であるオランダ領東印度の経済に影響を与えたことだ。二番目の原因は、政党に対する政府の弾圧が日増しに厳しくなったからだ。ましてや非常に保守的で反動的なデ・ヨンゲ総督ならなおさら弾圧は厳しさを増した。

<Kosakata atau perbendaharaan kata 語彙>
krisis ekonomi dunia 世界恐慌(= 英 world economic crisis)1929年、米国のニューヨーク証券取引所で株価が大暴落し世界的規模で経済恐慌が起こった。1931年、日本は中国東北部の満州を侵略した。
justru ちょうど、まさに
landa, melanda 襲う
tindak, tindakan 措置、対処、取り締まり、弾圧(英 crackdown)
lebih-lebih なおさら
(英語)much more ましてや~なら、なおさらです。
He can speak Indonesian, much more English.
彼はインドネシア語が話せる。ましてや英語ならなおさらです。
(英語)much less ましてや~なら、なおさらです。
He can't speak Thai, much less Lao.
彼はタイ語が話せない。ましてやラオス語はなおさらです。


Secara nyata memang partai tidak dilarang atau dimatikan sama sekali, akan tetapi gerak-gerik mereka sangat dibatasi. Mula-mula dikeluarkan peraturan larangan berkumpul; apalah arti partai jika tidak dapat mengumpulkan anggotanya.
実際にはもちろん政党が禁止されたり、完全に無くなってしまった訳ではないが、政党活動は非常に制限された。最初は、集会を禁止する法律が制定された。党員を集めて集会を開くことができないのなら、いったい政党になんの意味があるというのか?

<Kosakata atau perbendaharaan kata 語彙>
nyata 実際
gerak-gerik = gerak 動き
mula-mula 最初は


Kemudian karena sekolah swasta nasional dapat melahirkan bibit-bibit nasionalis yang berbahaya, pemerintah menilai sekolah-sekolah itu sebagai sekolah liar. Untuk memberantasnya dikeluarkan Ordonansi Sekolah Liar, yang melarang kelanjutan sekolah tersebut.
それから、民族主義的私立学校が危険な民族主義の温床であるという理由で、政府はそのような学校を違法学校と認定した。独立運動や民族主義の芽をつむため、そうした学校の継続を禁止する「違法学校に対する布告」を制定した。


<Kosakata atau perbendaharaan kata 語彙>
berantas 撲滅する 
ordonansi 法令、布告(英)ordinance = an order given by a ruler or governing organization 例 a Royal ordinance
bibit 苗、苗木


Di samping itu anggota-anggota polisi rahasia memata-matai gerak-gerik setiap tokoh Pergerakan, dan mereka bebas melakukan penggerledahan dan penangkapan terhadap sesuatu atau seseorang yang dicurigainya. Kadang-kadang sikap polisi itu sudah sangat berlebih-lebihan.
そのほかに、秘密警察は活動家らの動きを密かに監視していた。秘密警察は疑わしい組織や容疑者に対して自由に所持品検査や家宅捜査や逮捕を行なった。ときに秘密警察の行為は度を過ぎることがあった。


<Kosakata atau perbendaharaan kata 語彙>
di samping itu さらに、そのほかに (英)besides
menilai
gelededah (家宅)捜索する、所持品検査する
sikap 態度、行為
berlebih-lebihan, berlebihan 過度の、過剰な、行き過ぎた


Jelaslah bahwa kebijaksanaan politik kolonial yang sangat menindas itu menyebabkan partai-partai politk kehilangan kontak dengan rakyat, lebih-lebih waktu media komunikasi-massa banyak yang dibrangus.
強権的な植民地政策により、政党は人々との接触を失ってしまった。ましてや多くのマスコミが発行禁止処分の憂き目にあっていた時はなおさらだった。


<perbendaharaan kata 語彙>
kebijaksanaan 政策(英)policy
brangus, berangus (新聞や雑誌の)発行禁止
* 政党は人民大衆に訴えるすべをすべて奪われてしまった。

 

Waktu itulah diputuskan untuk mengganti taktik perjuangan yang radikal dan non-kooperatif dengan taktik yang moderat dan kooperatif.
その時に、急進的で植民地政府に非協力的な闘争の戦術を、穏健的で植民地政府に協力的な戦術に変えることを決定したのだった。

Dalam situasi demikian muncul beberapa partai yang kemudian cukup mempunyai pengaruh di dalam masyarakat. Pertama-tama muncul pada tahun 1935 Partai Indonesia Raya (Parindra) yang merupakan gabungan dari Boedi Oetomo dan Persatuan Bangsa Indonesia (PBI). Pendirinya adalah Dr. Sutomot (pembentuk Boedi Oetomo). Tujuannya jelas ialah untuk Indonesia Raya. Taktik perjuangannya walaupun tidak dinyatakan secara tegas, lebih condong kearah kooperatif, dengan demikian Parindra mempunyai wakil di dalam dewan-dewan perwakilan.
そのような状況のもと、十分社会に影響力のあるいくつかの政党が現れた。まず最初に1935年、ブディ・ウトモとインドネシア民族連合が合併してできた大インドネシア党(略称Parindra)が登場した。創立者はストモ博士(ブディ・ウトモを作った人物)だ。目的ははっきりしていた、つまり偉大なインドネシアのためである。闘争の戦術ははっきりと表明していなかったが、(植民地政府に対して)協力的方向へより傾いていた。そんなわけで、大インドネシア党(Parindra)は代表者議会(フォルクスラート)に議席をもっていた。

<Kosakata atau perbendaharaan kata 語彙>
nyata, menyatakan 表明する
tegas 明白な、はっきりした
condong 傾いた、傾斜する、傾く
kooperatif 協力的な

MRT = (英語)Mass Rapid Transit 大量高速輸送機関という意味で地下鉄と同じ。例えば、ジャカルタの地下鉄、台湾都市部を走る地下鉄(Mass Rapid Transit)、シンガポールの地下鉄(Mass Rapid Transit)、インドのデリーメトロ(Delhi Mass Rapid Transit System)、大阪の地下鉄・大阪メトロ(大阪市高速電気軌道)。mass 大量、rapid 高速、transit①空港などでの乗り継ぎ②輸送機関(= transport)