2019年4月19日金曜日

halaman 57 - 60

Perjuangan nasionalis di Volksraad ini kadang-kadang dapat menjadi hangat, umpamannya perjuangan yang dilakukan oleh Moh. Husni Thamrin untuk membela sekolah-sekolah liar; bila tidak diindahkan oleh pemerintah, ia mengancam akan keluar dari dewan itu. Karena dikuatirkan aka diikuti oleh wakil-wakil Indonesia lainnya sehingga  Volksraad akan kehilangan arti, pemerintah akhirnya mencabut Ordonansi itu.
このフォルクスラート(代表者議会)での民族主義闘争はときどき熱くなった。例えば、モハンマド・フスニ・タムリンは違法学校を弁護した。もし政府が自分の言うことに耳を貸さないのなら、議会を去ると脅した。インドネシアの他の議員も同じように辞め、フォルクスラートの意味がなくなってしまうのではないかと心配した政府は、結局、違法学校に対する布告を撤回した。

<Kosakata 語彙>
indah, mengindahkan 気をつける、(忠告に)耳を貸す
mengindahkan v memedulikan; memerhatikan; meresapkan ke dalam hati (nasihat dan sebagainya): dia tidak ~ nasihat orang tuanya.
ancam, mengancam 脅す
ordonansi 法令、布告(英)ordinance = an order given by a ruler or governing organization 例 a Royal ordinance
cabut, mencabut 引っこ抜く、廃止する
cabut gigi 歯を抜く

 

Kelumpuhan Pergerakan Nasional akibat politik penindasan kolonial telah menumbuhkan idee petisi Sutardjo yang meminta diberikannya pemerintahan sendiri kepada Indonesia secara sangat berangsur-angsur dalam jangka waktu 10 tahun.
植民地の抑圧的な政治の結果、民族運動は麻痺してしまい、インドネシアに自治権を10年かけて少しずつ与えて下さい、と(オランダ本国に)お願いするスタルジョの請願という考えを生み出した。

<Kosakata 語彙>
lumpuh, kelumpuhan 麻痺
tindas, penindasan 抑圧、おさえつける、強権的な
idee アイデア、考え (英)idea
petisi 嘆願書、請願(書)(英)petition
tumbuh 育む、育てる
berangsur-angsur 少しずつ


Sebagian besar dari partai-partai, tokoh-tokoh nasionalis dan golongan dalam masyarakat menyokong petis tersebut. Golongan Arab, Indo dan Cina menyokong petisi dengan harapan bahwa kelak dalam Indonesia yang berdiri sendiri, hak dan kepentingan mereka diakui dan dilindungi.
ほとんどの政党や民族主義的有力者や社会の集団はその請願を支持した。アラブ人、インド人、中国人の集団は、将来自立したインドネシアで権利や利益を認められ、守られるという期待のもと、請願を支持した。
 

Untuk memperkuat petisi, beberapa aksi dijalankan terutama dalam rapat-rapat umum di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Central Comite Petisi Sutardjo.
請願をより一層確固としたものにするため、いくつかの行動がとられたが、特筆すべきは、スタルジョ請願中央委員会がインドネシア各地で集会を開いたことだった。
 

<Kosakata 語彙>
rapat umum = public meeting 公開の会合
 
usul 提案

Beberapa partai dan tokoh nasionalis yand sudah menyadari betapa konservatifnya kebijsaksanaan politik kolonial, mengaggap usul petisi sebagai perbuatan sia-sia.
植民地政治の政策がいかに保守的であるかをよく知っているいくつかの民族主義的政党や幾人かの有力者は、請願などやっても無駄なことだと考えた。

Golongan kapitalis dan pers Belanda menganggap usul petisi ini terlalu pagi dan diajukan tidak pada saat yang tepat.
オランダの資本家集団と報道機関は、この請願の提案を時期尚早とし、提案を取り上げるにはふさわしい時ではないと思った。
 

pagi, kepagian (予定より)早すぎる
aju, diajukan 提起する、提案する


Walaupun mendapat kritik bermacam-ragam, namun seluruh perhatian Pergerakan Nasional dipusatkan pada petisi ini. Ternyata petisi yang sangat lunak itu ditolak juga oleh pemerintah Belanda pada buland Oktober 1938, dengan alasan belum tiba waktunya.
さまざまな批判を受けたが、民族運動のすべての関心はこの請願に集中した。1938年10月、オランダ政府は時期尚早との理由で、そのひどく遠慮がちな請願は拒否されたのだった。

ragam 種類
lunak 穏健な


Kegagalan petisi makin meyakinkan Pergerakan Nasional bahwa Volksraad bukanlah dewan perwakilan yang sejati. Di samping itu mendorong usaha penggabungan partai-partai yang kemudian terjelma dalam Gabungan Politik Indonesia (Gapi) pada tahun 1939.
請願が失敗して、民族運動(をしている人々)は、フォルクスラートは本当の代表議会ではないという確信をますます強めた。またその他に、政党の合併を推し進め、後に1939年、インドネシア政治連合(Gapi)ができた。

besides = di samping itu
dorong, mendorong 押す
政党の合併を推し進めた
push, press forward 推し進める
meyakinkan ・・ bahwa ~ ・・が~という確信を強める
jelma, terjelma, menjelma 実現する、創造する

 

Gapi menuntut Indonesia berparlemen yang sesunggunya. Hasil Gapi adalah dibentuknya Komisi Visman oleh pemerintah dengan tugas menyelidiki hasrat dan keinginan golongan-golongan masyarakat yang ada di Indonesia.
Gapi(インドネシア政治連合)は、インドネシアが真の議会(= 国会)をもつことを要求した。Gapi の成果は、インドネシアに住む各社会集団の願望を調査するため、政府によってフィスマン委員会が設置されたことである。
 

tuntut, menuntut (英 demand)要求する
They demanded a free parliament and press.
parlemen (英 parliament)議会、国会
parliament = the group of people who are elected to make a country’s laws and discuss important national affairs parliament and press.
hasrat 願望、意欲
Komisi Visman
komisi = 委員会 (英語)commission (investigate, inspect), committee (inspect, investigate)
Visman フィスマン(人名)=  Pemerintah Belanda membentuk komisi yang dikenal dengan nama Komisi Visman karena diketuai oleh Dr. F.H.Visman.


Dalam pada itu juga telah diperjuangkan pemakaian bahasa Indonesia dalam sidang Volksraad. Begitupun perubahan kata Inlander menjadi orang Indonesia (Indonesier), Nederlands-Indie menjadi Indonesia (daerah Indonesia).
その時また、インドネシア語をフォルクスラートの会議で使うよう闘った。同様に、Inlander(先住民) と言わずに「 インドネシア人」に、Nederlands-Indie(オランダ領東インド) と言わずに「インドネシア」(=インドネシア地域)に単語を変更するよう闘った。

diperjuangkan ~を獲得するために闘う
(蘭)inlander =(英)native
(蘭)Indonesier =(英)Indonesian

 

Penghapusan diskriminasi berdasarkan patokan warna kulit juga dituntut, tetapi semua itu ditolak oleh Belands dengan janji akan dibicarakan sesudah Perang Pasifik selesai.
また、肌の色で差別するのを撤廃するよう要求した。しかしながら、オランダは、太平洋戦争が終わった後で話し合うと約束して、それらすべてを拒否した。
 

patokan 基準
dibicarakan 話し合う