2019年4月27日土曜日

halaman 61 - 62

BAB III
JAMAN PENDUDUKAN JEPANG
A. PENGEKANGAN POLITIK
1. Pengendalian terhadap Pergerakan Nasional Indonesia
Jepang adalah satu-satunya negara di benua Asia yang tidak pernah mengalami penjajahan bangsa-bangsa Barat. Bangsa Jepang mulai berhubungan dengan bangsa-bangsa Barat pada permulaan abad ke 20. Pada waktu itu bangsa-bangsa Barat telah memasuki zaman modern.
第三章
日本占領時代
A. 政治的抑制
1. インドネシア民族運動に対する統制
日本は、アジア諸国のうちで唯一西洋諸国の植民地になるのを免れた国だった。日本は20世紀初頭に西洋諸国と接触し始めた。その頃西洋諸国はすでに近代に入っていた。

<Kosakata 語彙>
benua 1. continent 大陸 2. (Lit. 文語) country 国
kekang, penegekangan 抑制
kendali, pengendalian 統制 (英)control
zaman modern = modern times 現代


Sebagai akibat hubungannya dengan bangsa-bangsa Barat itu bangsa Jepang juga mulai berkenalan dengan peradaban modern. Dalam waktu yang pendek bangsa Jepang yang terkenal rajin, tekun bekerja dan kuat menderita itu telah dapat mengoper peradaban modern dari Dunia Barat.
西洋諸国と接触した結果、日本は現代文明を知るようになった。勤勉で忍耐強いことで知られる日本人は、短期間で西洋世界から現代文明を引き継ぐことができた。

adab 文明
tekun 勤勉
oper, mengoper 引き継ぐ
sama, menyamai ~と肩を並べる


Mereka mendatangkan ahli-ahli  teknik dari Barat dan mengirim mahasiswanya untuk belajar ke luar negeri. Dalam waktu yang relatif pendek bangsa Jepang telah dapat menyamai bangsa-bangsa Barat dalam bidang teknologi.
日本は西洋から技術者を招き、勉学のため海外へ学生を送った。比較的短い期間で日本人は工業の分野で西洋人と肩を並べることができた。

Dalam bidang materiil (teknologi) bangsa Jepang mencontoh bangsa-bangsa Barat, tetapi dalam bidang spirituil (kerohaian) mereka tetap memelihara identitas Jepang. Budaya rohaniah Jepang tetap tidak berubah.
物質的な分野(工業)で日本人は西洋人を手本にしたが、精神的な分野(魂)では日本のアイデンティティーを養うことに変わりはなかった。日本の精神文化に変化はなかった。

contoh , mencontoh ~をお手本にする
rohaniah 精神的な、霊的な、たましい
rohani, nyanyian rohani 賛美歌、聖歌


Jepang berhasil mengawainkan budaya warisan nenek-moyang dengan teknologi Barat. Pada lahirnya mereka mencontoh tatahidup dan tatakarya Barat, tetapi pada batinnya mereka tetap orang Jepang yang memegang teguh adat-istiadat tradisionil.
日本は、祖先の遺産である文化と西洋の工業技術を結合することに成功した。物質的には、生活様式や仕事などについて西洋を規範としたが、精神的には、伝統的な慣習をしっかり守る日本人であることに変わりはなかった。

identitas = identity 国家帰属意識
the qualities and attitudes that a person or group of people have, that make them different from other people
(自分達は日本人であり西洋人ではないという意識に変わりはない。・・和魂洋才)
tata 規範、秩序、規則
warisan 遺産
teguh しっかりと、堅く、忠実に


Setelah berhasil menjadi negara industri modern, maka Jepang membutuhkan daerah untuk memperoleh bahan-bahan mentahnya maupun untuk menjual hasil barang-barangnya. Daerah yang diinginkan oleh Jepang adalah negeri-negeri Asia, yang pada waktu itu telah dijajah atau setidak-tidaknya dikuasai ekonominya oleh bangsa-bangsa Barat.
近代的工業国家になることに成功した後、日本は資源の獲得先と生産した商品の売り先が必要になった。日本が欲しい地域とは、その当時西洋諸国に植民地にされたか少なくとも経済的に支配されたアジアの国々だ。

Untuk mendapatkan daerah Asia yang kaya dan padat penduduknya itu, Jepang harus merebutnya dengan kekerasan dari bangsa-bangsa Barat. Perang perebutan jajahan antara Jepang dengan negara-negara Barat di Asia yang berlangsung selama kurang lebih 3 1/2 tahun (1941 - 1945) dinamai Perang Pasifik sedangkan orang Jepang menyebut Perang Asia Timur Raya.
それら豊かで人口稠密(ちゅうみつ)なアジアの地域を手に入れるために、日本は力ずくで西洋諸国から奪い取らなければならなかった。アジアでの日本と西洋諸国との間の植民地争奪戦争は三年半つづいた(1941~1945)。その戦争は太平洋戦争と名付けられたが、日本人は大東亜戦争と称した。

Pada tanggal 8 Desember 1941 Jepang menyerang Pearl Harbor di Hawaii yang pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat yang terbesar di Pasifik. Setelah Jepang menyerang Pearl Harbor, maka Gubernur Jenderal Hindia Belanda menyatakan perang terhadap Jepang.
1941年12月8日、日本は太平洋地域で最大の米海軍基地であるハワイの真珠湾を攻撃した。日本が真珠湾を攻撃した後、オランダ領(東)インドの総督は日本に対して宣戦布告した。

padat 密集した、過密な
pangkalan 基地
angkatan laut 海軍
serang 攻撃する
serang dan pecah 撃砕
pecah sebagai ratna 玉砕


Segera Jepang bergerak ke selatan dengan taktik gerak cepat yang unggul. Dalam jangka waktu kurang lebih 100 hari Jepang berhasil menumbangkan kekuasaan kolonial Inggris di Malaya dan Birma, Amerika Serikat di Filipina dan Belanda di Indonesia.
ただちに日本(軍)は優位な電撃戦術で南方へ移動した。およそ100日ほどの期間で日本は、イギリスの植民地であるマラヤとビルマ、アメリカ合衆国の植民地であるフィリピン、オランダの植民地であるインドネシアを攻め落とした。

unggul 優位にある
Wikipedia 「蘭印作戦」 
蘭印作戦(1942年1月11日 - 3月9日)は、太平洋戦争初期における日本軍の蘭印(オランダ領東インド)への進攻作戦である。日本軍は1月11日にタラカンとメナド、1月25日にバリクパパン、1月31日にアンボン、2月14日にパレンバンと快進撃を続け、3月1日に最終目標のジャワ島に上陸した。ジャワ島の連合軍は3月9日に降伏した。大本営の事前の予想では開戦から蘭印軍降伏まで120日間とされていたが、92日間という電撃的な早さで作戦は完了した。
Wikipedia 「電撃戦術」
電撃戦とは、一般に機甲部隊の高い機動能力を活用した戦闘教義である。(独)Blitzkrieg

Wikipedia 「日蘭会商」
第2次近衛内閣も前内閣の方針を継承して蘭印からの石油等の安定した物資供給の確約を得るべく、小林一三商工大臣をバタビアに派遣し1940年9月13日から交渉を開始した(第2次会商)。オランダ側は本土を占領されており、船員の統治はイギリスに設置された亡命政府がコントロールしていたが、会商団としてファン・モーク蘭印経済長官および現地石油会社役員・資本元のロイヤル・ダッチ・シェル・スタンダード・オイルからの代表が交渉にあたった。ところが、日本側は蘭印が大東亜共栄圏の一員であることを表明することやインドネシア人に自治権を付与することを期待する態度を示し、更に9月27日には日独伊三国同盟が締結されたことから、蘭印側の警戒感を一気に高めて日本を仮想敵視する動きを見せた。このため、10月22日に一旦小林一産商工大臣を召還した。
tumbang, menumbangkan (大木を)倒す、(権力を)落とす、攻略する(= 敵陣を攻め取ること)


Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati, Jawa Barat, pada tanggal 8 Maret 1942
1942年3月8日、西ジャワのカリジャティでオランダ領(東)インド政府は無条件降伏した。