2018年7月6日金曜日

halaman 32 - 35

Peranan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar di kepulauan Indonesia memudahkan komunikasi dalam penyampaian idee nasionalism. Bahasa Melayu tidak hanya dipakai di daerah yang berbahasa Melayu tetapi juga di daerah yang tidak menggunakannya sebagai bahasa pengantar sehari-hari, seperti pada suku Jawa, Sunda dan Bali.
インドネシアの島々で媒介語として使われていたマレー語は民族主義思想を伝えるためのコミュニケーションを容易にした。マレー語は、(マレー語を)母語として使われている地域だでけではなく、母語として(マレー語を)使わないジャワ、スンダ、バリなどの種族でも、日常生活の中で(マレー語を)媒介語として使われている。

* 母語 Bahasa ibu (bahasa asli, bahasa pertama; secara harafiah mother tongue dalam bahasa Inggris) adalah bahasa pertama yang dipelajari oleh seseorang. Dan orangnya disebut penutur asli dari bahasa tersebut. Biasanya seorang anak belajar dasar-dasar bahasa pertama mereka dari keluarga mereka.
Kepandaian dalam bahasa asli sangat penting untuk proses belajar berikutnya, karena bahasa ibu dianggap sebagai dasar cara berpikir. Kepandaian yang kurang dari bahasa pertama seringkali membuat proses belajar bahasa lain menjadi sulit. Bahasa asli oleh karena itu memiliki peran pusat dalam pendidikan.

Di sekolah-sekolah dan dalam media komunikasi-massa bahasa Melayu dipergunakan untuk menumbuhkan kesadaran persatuan nasional dan cita-cita kemerdekaan nasional. Bahasa Melayu itu sendiri dibina dan diperkembangkan menjadi suatu alat komunikasi yang setingkat dengan bahasa Belanda.
民族の統一の自覚と国家独立の大いなる志を育成するため、マレー語は学校やマスコミで使われている。マレー語自体は発達してオランダ語と同等なコミュニケーションの道具になった。

bina 発達する(英 develop)

     Dalam saat-saat meningkatnya kesadaaran nasional, kata Indonesai mencul sebagai identitas rakyat yang hidup di kepulauan Nusantara ini. Kata Indonesia muncul pertama kali dalam arti geogragis pada tahun 1850 dalam tulisan seorang Inggris bernama J.R. Logan. Dalam arti ethnologis dipergunakan pada tahun 1884 dalam tulisan seorang Jerman bernama A. Bastian. Baru kemudian dalam arti politik ketatanegaraan dipergunakan oleh kaum nasionalis Indonesia mulai 1917 di negeri Belanda.
民族的自覚が高まってきた時、「インドネシア」という言葉がこのインドネシア群島に住むひとびとのアイデンティティーとして登場した。「インドネシア」という言葉は、1850年にイギリス人のJ.R.ローガンが書いた記事に地理的意味で初めて現れた。文化人類学的意味では、1884年にドイツ人のA.バスチャンが書いた記事に使われている。その後やっと1917年から国家を表す政治的意味でインドネシア民族主義者たちがオランダで用い始めた。

ethnologis 文化人類学 (英 ethinology, anthropology)
ketatanegaraan 国家組織

     Puncak dari pada peranan elite nasional dalam menumbuhkan nasionalisme tercapai dengan diucapkannya Sumpah Pemuda  pada tanggal 28 Oktober 1928 dalam Kongres Pemuda di Jakarta.
1928年10月28日にジャカルタで行われた青年会議で青年の誓いが発表された時、民族主義の発展における民族エリートの役割は頂点に達した。

Satu nusa, satu bangsa, satu bahasa : Indonesia. Di sini dengan tegas telah dipatrikan arti nasionalisme Indonesia untuk wilayah dari Sabang sampai Merauke. Semenjak itu bahasa Meyayu disebut bahasa Indonesia, yang penggunaannya kemudian semakin luas. Lagu Indonesia Raya karangan W. R.  Supratman yang diperdengarkan pada Kongres Pemuda tahun 1928 itu makin memantapkan rasa nasionalisme itu.
ひとつの国、ひとつの民族、ひとつの言語、インドネシア。ここに明確にサバンからメラウケまでの地域にインドネシア民族主義の意味を付け加えた。それ以来マレー語はインドネシア語と呼ばれるようになり、その後ますます広範囲に使用されるようになった。W.R.スプラットマンが作った歌「インドネシア・ラヤ」は1928年の青年会議の時披露され、ますます民族主義感情を確かなものにした。

tegas 明白な、はっきりと
patri 半田 mematrikan 半田付けする、貼り付ける
peranan 役割

 BAB II
PERGERAKAN NASIOMAL
A. KEBANKITAN NASIONAL
     1. Awal Pergerakan Nasional
     Dengan mulainya abad ke-20, mulai pulalah suatu masa baru bagi rakyat Indonesia. Dalam masa baru itu pemimpin-pemimpin rakyat memperjuangkan nasib bangsanya secara lain daripada yang selama berabad-abad telah dilakukan oleh nenek-moyang kita yang melakukan perlawanan bersenjata. Kini perjuangan merupakan suatu perjuangan politik dengan mempergunakan cara-cara dan sarana-sarana modern.
第二章 民族運動
A. 民族運動の始まり
20世紀が始まり、インドネシアのひとびとにとっても新しい時代が始まった。これまで数世紀にわたり我が祖先は武装闘争により抵抗してきた。しかし、新しい時代ではひとびとの指導者はこれまでとは違うやり方で民族の運命と闘った。今や闘争とは近代的方法や手段を用いた政治闘争なのだ。

perlawanan 抵抗

     Gejala sejarah yang dikenal sebagai Kebangkitan Nasional, tidak hanya disebabkan oleh faktor-faktor dari dalam negeri, melainkan juga dari luar negeri. Faktor-dalam begeri antara lain adalah pelaksanaan politik etis yang dijalankan oleh pemerintah Hindia Belanda. Faktor dari luar neger antara lain umpannya adalah kemenangan bangsa Jepang atas bangsa Rusia dalam perangnya pada tahun-tahun pertama abad ke-20. Suatu kemenangan yang dianggap sebagai kemenangan orang Asia (kulit berwarna) terhadap orang Eropa (kulit putih).
民族的覚醒で知られる歴史現象は、国内からの要因のみならず、国外からの要因も起因している。国内的要因としては、オランダ領東インドの倫理政策が挙げられる。国外からの要因としては、例えば20世紀初頭の日露戦争での日本の勝利である。この勝利は、ヨーロッパ人(白人)に対するアジア人(有色人種)の勝利としてとらえられた。

gejala 現象 gejala sosial 社会現象

     Karena pengaruh gagasan-gagasan modern, anggota elite nasional baru, menyadari bahwa perjuangan untuk memajukan bangsa Indonesia harus dilakukan dengan mempergunakan organisasi modern. Baik pendidikan, perjuangan politik, perjuangan ekonomi, maupun perjuangan sosial-budaya, memerlukan organisasi.
近代的な考え方の影響を受け、新しい民族エリートは、インドネシア民族を進歩させるための闘争には近代的な組織を使って行わなければならないことに気づいた。教育、政治闘争、経済闘争のみならず社会文化闘争においても組織が必要だ。

gagasan 考え

Rokok Kretek "KOMPAS Lima Batang"