2018年7月11日水曜日

Bu Kek Siansu 無極先師 Karya Kho Ping Ho 許 平和

BU KEK SIANSU 無極先師
Karya Kho Ping Ho 許 平和
JILID 1 第一巻


Pagi itu bukan main indahnya di dalam hutan di lereng Pegunungan Jeng Hoa San (Gunung Seribu Bunga). Matahari muda memuntahkan cahayanya yang kuning keemasan ke permukaan bumi, menghidupkan kembali rumput-rumput yang hampir lumpuh oleh embun, pohon-pohon yang lenyap ditelan kegelapan malam, bunga-bunga yang menderita semalaman oleh hawa dingin menusuk.
その日の朝は千華山の山脈の斜面の森の中がとても美しかった。若々しい太陽が黄金の光を地表に吐き出す。夜露にぬれてほとんど麻痺した草がよみがえる。夜の暗闇に呑み込まれて見えなくなった樹木がよみがえる、一晩中刺すような寒さに耐えていた花がよみがえる。
 

Cahaya kuning emas membawa kehangatan, keindahan, penghidupan itu mengusir halimun tebal, dan halimun lari pergi dari cahaya raja kehidupan itu, meninggalkan butiran-butiran embun yang kini menjadi penghias ujung-ujung daun dan rumput membuat bunga-bunga yang beraneka warna itu seperti dara-dara muda jelita sehabis mandi, segar dan berseri-seri.
黄金の光が生命にぬくもりと美しさをもたらし、濃い霧は追い払われ、生命の王の光から逃げ去る。残された露の玉は葉先を飾り、いろいろな色の花を咲かせた植物を飾る。花はまるで水浴びをした後のさわやかで光り輝く美しい乙女のようだ。
 

Cahaya matahari yang lembut itu tertangkis oleh daun dan ranting pepohonan hutan yang rimbun. Namun kelembutannya membuat cahaya itu dapat juga menerobos di antara celah-celah daun dan ranting sehingga sinar kecil memanjang yang tampak jelas di antara bayang-bayang pohon meluncur ke bawah, di sana-sini bertemu dengan pantulan air membentuk warna pelangi yang amat indahnya, warna yang dibentuk oleh segala macam warna terutama oleh warna dasar merah, kuning dan biru. Indah!
柔らかな陽の光は生い茂った森の木々の葉や枝にさえぎられた。柔らかだけど光は葉や枝の間を分け入り、木々の陰の間ではっきりと見える細長い光が下へ滑り落ちて、あちらこちらで水の反射と合い、とてもきれいなにじ色を形成した。色は、全種類の色から成り、特に原色の赤、黄、青から成っている。きれいだ!
 

Bagi mata yang bebas dari segala ikatan, keindahan itu makin terasa. Keindahan yang baru dan yang senantiasa akan nampak baru biar pun andaikata dilihat setiap hari. Sebelum cahaya pertama yang kemerahan dari matahari pagi tampak, keadaan hutan di lereng itu sunyi senyap.
すべてのしがらみから解き放たれた自由な目でみれば、その美しさは倍加して感じられる。新しい美しさ、たとえ毎日見ていても絶えず新しく見える美しさ。朝、赤々と太陽の光が最初に現れる前は、山の斜面の森は静寂につつまれていた。
 

Yang mula-mula membangunkan hutan itu adalah kokok ayam hutan yang pendek dan nyaring sekali. Kokok yang tiba-tiba dan mengejutkan, susul-menyusul dari beberapa penjuru. Kokok ayam jantan inilah yang menggugah para burung yang tadinya diselimuti kegelapan malam, menyembunyikan muka di bawah selimut tebal dan hangat dari sayap mereka. Kini terjadilah gerakan-gerakan hidup di setiap pohon besar dan terdengar kicau burung yang sahut-menyahut, bermacam-macam suaranya, bersaing indah dan ramai namun kesemuanya memiliki kemerduan yang khas.
森を起こす最初のできごとは、コケコッコーという短くて非常によく通る甲高い森の雄鶏の鳴き声だ。突然の雄鶏の鳴き声が不意をついて数箇所の方角から後を追いかけあう。この雄鶏の鳴き声こそが、夜の闇の厚い毛布の下に顔を隠し、翼のぬくもりにくるまってさっきまで寝ていた鳥たちを起こすのだ。いま大きな木々で生き物たちが動きだし、お互いに応答しあう小鳥のさえずりが聞こえる。いろいろな鳴き声がにぎやかに美しさを競うが、すべてが独特の美声だ。
 

Sukar bagi telinga untuk menentukan mana yang lebih indah, karena suara yang bersahut-sahutan itu merupakan kesatuan seperangkat alat musik yang dibunyikan bersama. Yang ada pada telinga hanya indah! Sukar dikatakan mana yang lebih indah, suara burung-burung itu sendiri ataukah keheningan kosong yang terdapat di antara jarak suara-suara itu.
聞いてもどれが美しい声をしているのか決めるのはむずかしい。なぜならお互いに応答し合う鳴き声は、さまざまな楽器が奏でる音が調和した交響曲のようだから。聞こえてくるのは美しさのみ!鳥の鳴き声自体が美しいのか、それとも鳴き声と鳴き声の間にある空虚な静けさが美しいのか、どちらがより美しいのか言うのはむずかしい。
 

Anak laki-laki itu masih amat kecil, tidak akan lebih dari tujuh tahun usianya. Dia berdiri seperti sebuah patung, berdiri di tempat datar yang agak tinggi di hutan Gunung Seribu Bunga itu, menghadap ke timur. Sudah ada setengah jam lebih dia berdiri seperti itu. Hanya matanya saja yang bergerak-gerak, mata yang lebar yang penuh sinar ketajaman dan kelembutan, seperti biasa mata kanak-kanak yang hidupnya masih bebas dan bersih, namun di antara kedua matanya, kulit di antara alis itu agak terganggu oleh garis-garis lurus.
その男の子はまだとても小さい。年齢は7歳以上ではないだろう。石像のように立っている。千華山の森のかなり高いところにある平らな場所で東を向いて立っている。もう半時間以上そんなふうにして立っている。目だけが動いている。純真無垢な普通の子供のように鋭さとやさしさの光に満ちた大きな目をしている。とはいえ両目の間、眉と眉の間の皮膚をまっすぐな線がややじゃまをしている。


Aneh juga melihat seorang anak kecil seperti itu sudah ada keriput di antara kedua alisnya! Anak itu pakaiannya sederhana sekali, biar pun amat bersih seperti bersihnya tubuhnya, dari rambut sampai ke kuku jari tangannya yang terpelihara dan bersih. Wajahnya biasa saja, seperti anak-anak lain dengan bentuk muka yang tampan. Hanya matanya dan keriput di antara matanya itulah yang jarang terdapat pada anak-anak dan membuat dia menjadi seorang anak yang mudah mendatangkan kesan pada hati pemandangnya sebagai seorang anak yang aneh dan tentu memiliki sesuatu yang luar biasa.
小さな子供なのに眉間にしわがもうあるのを見ると不思議な感じがする!着ているものはきわめて質素だが、髪の毛から手の指つめまでよく手入れされた身体と同様清潔だ。顔つきは、端正な顔立ちのほかの子供のように至って普通だ。ただ目と目の間にしわがあるのだけが他の子供にはめったに見られないところだ。それでこの不思議な子供はきっと普通ではない何かを持っているに違いないと思わせる。


Sepasang mata anak itu bersinar-sinar penuh seri kehidupan ketika dia tadi melihat munculnya bola merah besar di balik puncak gunung sebelah timur. Bola merah yang amat besar dan yang mula-mula merupakan pemandangan yang amat menarik hati, akan tetapi lambat laun merupakan benda yang tak kuat lagi mata memandangnya karena cahaya yang makin menguning dan berkilauan. Maka dia mengalihkan pandangannya, kini menikmati betapa cahaya yang tiada terbatas luasnya itu menghidupkan segala sesuatu, dari puncak pegunungan sampai jauh di sana, di bawah kaki gunung. 
東方の山頂の後ろに赤い玉が現れるのを見ていた時、その子供の両目は生命の輝きに満ちた光を放っていた。すごく大きな赤い玉は、最初は非常に魅力的だったが、光がますます黄金色にきらきら輝くので次第に目で見るのがもう無理になった。それで視線を変えて、今度は広大無辺の光が山脈の頂からはるか山の麓まですべてに命を与えるのを見て楽しんだ。

<Kosakata 語彙> 
alih, mengalihkan 移す、変える
berkilauan きらめく、きらきら輝く
balik 裏側、裏面、後ろ

kuku 爪
jari 指
keriput しわのよった kerut

garis 線
lurus まっすぐ
alis 眉

senantiasa = selalu  いつも、常に
senyap 静かな
sunyi senyap 静寂な
lereng 山の斜面
pegunungan 山脈
menghidupkan 生き返らせる、蘇らせる
muntah, memuntahkan 吐き出す、噴出する
lenyap 消える、見えなくなる
lumpuh 麻痺した 
Akibat stroke, kaki kanannya lumpuh. 脳梗塞で右足が麻痺した
embun 露
berembun 夜露に濡れて
segar すがすがしい、さわやかな、新鮮な
berseri-seri 光り輝いて見える
jelita 美しい
dara 乙女
butir つぶ、しずく
penghidupan 生活 life 生命
halimun 霧 kabut
pantul, pantulan 反射
jelas 明らかな、
tampak = kelihatan 見える
luncur 滑り落ちる
celah 間、すきま
terobos 押し入る、破ってはいる、侵入する
rimbun 生い茂った、繁茂した
pohon, pepohonan 木々
ranting 枝
tangkis 防ぐ
lembut 柔らかな
senyap 静かな
lembut, kelembutan 柔らかい、マイルド
lebar ワイドな 
datar 平らな
jarak 間隔
hening, keheningan 清澄、透明、静寂、静けさ
kesatuan seperangkat alat musik yang dibunyikan bersama = symphony
perangkat, seprangkat, selengkap ひとそろいの
alat musik 楽器
kicau (小鳥の)さえずり
khas 独特の、特色のある
merdu(声の)よい(きれいな)suara merdu 美声
saing, bersaing 争う、競争する、対抗する
sahut 返事する、
互いに応答する、おはようと声かけ合う
sayap つばさ
sembunyi, menyembunyikan を隠す
selimut, menyelimuti 毛布をかける
gugah, menggugah 目覚めさせる、起こす
kokok コケコッコー、雄鶏の鳴き声
susul, mneyusul 後を追う、後からついて行く、続く
jantan オス
nyaring 高音でよく響く


<Terjemahan oleh Yamada 翻訳 山田>




"Tsubasa wo kudasai" (Berikan Daku Sayap)
Penyanyi: Akai Tori (Burung Merah)

Ima watashino negaigotoga
kanau naraba tsubasaga hoshii
Kalau sekarang keinginanku terwujud
Aku mau bersayap
 

Kono oozorani tsubasawo hiroge
tonde yukitaiyo
Aku ingin melebarkan sayap
dan terbang ke langit luas

Kanashimino nai jiyuuna sorae
tsubasa hatamekase yukitai
Aku ingin terbang ke langit bebas
di mana tiada kesedihan lagi

Ima tomi toka meiyo naraba
iranaikedo tsubasaga hoshii
Sekarang aku tak mau duit atau nama baik
Tapi aku mau bersaya
p
Kono oozorani tsubasawo hiroge
tonde yukitaiyo
Aku ingin melebarkan sayap
dan terbang ke langit luas

Kanashimino nai jiyuuna sorae
tsubasa hatamekase yukitai
Aku ingin terbang ke langit bebas
di mana tiada kesedihan lagi


(penterjemah: Yamada)