2023年1月6日金曜日

Semua Bisa Bilang - Rafika Duri 誰だって言える - ラフィカ・ドゥリ

Semua Bisa Bilang - Rafika Duri
誰だって言える - ラフィカ・ドゥリ


Kalau kau benar-benar sayang padaku
本気でわたしを愛してるなら
Kalau kau benar-benar cinta
ほんとうに愛してるなら
Tak perlu kau katakan semua itu
いろいろ言うことなんかない
Cukup cinta daku
わたしを愛するだけで十分です

Sekarang apalah artinya cinta
Kalau hanya dibibir saja
ただ口先だけで言ってるんだったら
そんなもの愛っていえるのかしら?

Cinta itu bukanlah main-mainan
Tapi pengorbanan
愛は遊びではありません
愛とは献身と自己犠牲です


Semua bisa bilang sayang
愛してるなんて誰でも言える
Semua bisa bilang
誰だって言える
Apalah artinya sayang
Tanpa kenyataan
愛の証しとなるもののない
愛とはいかなる意味なのか?


Kalau kau benar-benar sayang padaku
本気でわたしを愛してるなら
Kalau kau benar-banar cinta
ほんとうに愛してるなら
Tak perlu kau katakan semua itu
いろいろ言うことなんかない
Cukup cinta daku
わたしを愛するだけで十分です

<Daftar Kata 単語一覧表>
benar-benar 本当に、本気で
mainan おもちゃ
main-mainan = sesuatu yang berfungsi sebagai mainan: uang itu jangan kau gunakan sebagai -;
pengorbanan = proses, cara, perbuatan mengorbankan
korban, mengorbankan 犠牲にする
mengorbanan = 1 memberikan sesuatu sebagai pernyataan kebaktian, kesetiaan, dan sebagainya: dia bersedia ~ hartanya untuk perjuangan kemerdekaan bangsanya; 2 menjadikan sesuatu sebagai korban;
kenyataan 証し、証明、事実、真実
kenyataan = 1 hal yang nyata; yang benar-benar ada: kebenaran itu disebabkan oleh ~; 2 terbukti; bukti(nya): ~ nya tidak pernah ada tindakan kekerasan di desa itu
証し = ある事柄が確かであるよりどころを明らかにすること


<Terjemahan oleh Yamada 翻訳・山田>