2023年1月11日水曜日

Mary Hopkin メリー・ホプキン

    Aduh! Saya kaget sekali. Tadi kebetulan saya berjumpa dengan YouTube ini. Soalnya dulu waktu saya masih murid SMA, saya pencinta Mary Hopkin, penyanyi Inggeris. Di YouTube-nya itu putri atau anak perempuan Mary Hopkin, menamakan dirinya sebagai "Very" Hopkin, dan dia menyanikan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh ibunya Mary Hopkin waktu diselenggarakan pameran besar bernama Expo '70 di Osaka pada tahun 1970, 53 tahun yang lalu! 
   Lagu Mary Hopkin yang berjudul "Those Were the Days" sangat digemari oleh pemuda pemudi Jepang waktu itu. Judul lagunya dalam bahasa Japang adalah "Kanashiki Tenshi". Memang saya membeli banyak piringan hitam Mary Hopkin. Untung sekali, Mary Hopkin sungguh-sungguh datang ke Osaka, Jepang untuk menyanyikan lagu-lagunya dalam salah satu acara Pameran Internasional EXPO '70 di Osaka. Saya juga ikut serta dalam konser Mary Hopkin di lokasi Expo '70.

とにかくびっくり。偶然見つけたこの動画、わたしが万博ホールで聴いたメリー・ホプキンのコンサートをどうやらメリー・ホプキンの娘が再現しているらしい。わたしはメリー・ホプキンの大ファンなのでどの曲も皆わかるし、大体歌える。およそ半世紀後の邂逅か。不思議なこともあるもんやねぇ。 

I was very surprised and moved to watch this video yesterday. I was a big fan of  Mary Hopkin, a famous UK singer when I was a high school student. I came across with the YouTube. It seems that Mary Hopkin’s daughter is reproducing the concert I listened to at the Expo Hall, about a half a century later. In 1970, I bought a ticket and watched Mary Hopkin sing on the stage in Expo '70 Osaka, Japan. What a coincidence!


 
Those Were the Days 悲しき天使 - Mary Hopkin

Jessica Lee Morgan, putrinya Mary Hopkin