2019年11月21日木曜日

halaman 94 - 96

Salah satu syarat mutlak untuk mencerdaskan bangsa Indonesia adalah memajukan pendidikan. Semenjak Proklamasi segera dibentuk sebuah Departemen Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan (Departmen P.P. dan K.).
インドネシア国民を賢くするための絶対条件のひとつは教育を進めることである。独立宣言後すぐに教育文化省が作られた。
<Kosakata 語彙>
syarat mutlak 絶対条件、必須条件
salah satu の中の一つ
azas 原則

Yang ditunjuk menjadi Menteri P.P. dan K. pertama adalah seorang tokoh pendidikan nasional yang terkenal Ki Hadjar Dewantara.
初代教育文化省の大臣に指名されたのは有名な国民教育家であるキ・ハジャル・デワンタラであった。

Tujuan pendidikan dan pengajaran adalah untuk membimgbing murid menjadi warganegara yang mempunyai rasa tanggungjawab.
教育の目的は、生徒を指導して責任感をもった国民にすることである。

Sekolah memperkuat potensi rakyat. Itulah sebabnya sekolah dibuka untuk setiap warganegara sesuai dengan azas Keadilan Sosial.
学校は民衆の潜在力を強化する。それゆえ、社会的公平原則に従って、学校はすべての国民に開かれているのだ。

Supaya sekolah dapat diikuti oleh semua warganegara, maka diadakan peraturan tentang kewajiban belajar. Anak-anak yang telah berumur 10 tahun diwajibkan untuk memasuki sekolah.
すべての国民が学校に行けるよう、勉強する義務についての規則を作った。10歳になった子供らは、学校に入学する義務がある。

Pendidikan terbagi atas 4 tingkatan yaitu : pendidikan rendah (dasar), pendidikan menengah pertama, pendididkan menegah atas dan pendidikan tinggi.
教育は4段階に分けられた。すなわち、初等教育(基礎)、第一中等教育、上級中等教育、高等教育である。

Di samping sekolah-sekolah umum, juga diadakan sekolah kejuruan yang memerlukan keahlian khusus seperti bidang teknik, pertanian dan ekonomi.
普通の学校の他に、工業科、農業科、経済(商業)科のような専門性を必要とする専門技能学校がある。

Pada pendidikan dasar kepada anak-anak diajarkan dasar-dasar pelajaran membaca, menulis dan berhitung. Dengan cara ini mereka dapat mulai memahami persoalan di sekitar mereka.
基礎教育では、生徒に読み書き算数の基礎を教える。この方法で彼らは自分達の身の回りの問題を理解し始めることができる。

Pendidikan lanjut atas memberikan pendidikan khusus pada kelas terakhir guna menyiapkan wadah tempat mendidik pemimpin-pemimpin Indonesia di kemudian hari.
それに続く上級の教育では、最終学年で高等教育に入る準備のたの特別の教育を行なう。高等教育は、将来インドネシアの指導者になる者らを教育する受け皿である。

Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan mengalami perkembangan yang luar biasa persatnya. Perkembangan itu di dorong oleh semangat nasional yang telah melampaui kedaerahan dan kesukuan.
統一言語であるインドネシア語は、とてつもなく急速に発展した。その発展は、地域性や種族性を越えた民族精神により後押しされた。

Adanya larangan penggunaan bahasa Belanda pada zaman pendudukan Jepang memberi peluang bagi perkembangan pesat bahasa Indonesia. Pada awal zaman Kemerdekaan, bahasa Indonesia secara resmi telah berfungsi sebagai bahasa nasional.
日本占領時代にオランダ語が使用禁止になったので、インドネシア語が急速に発展するのによい機会となった。インドネシア独立当初にインドネシア語は正式に国語として機能を果たした。

Teks Proklamasi ditulis dalam bahasa Indonesia dan teks Lagu Kebangsaan Indonesia Raya juga tertulis di dalam bahasa Indonesia.
独立宣言文はインドネシア語で書かれ、国歌のインドネシア・ラヤの歌詞もインドネシア語で書かれた。

Perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa modern berjalan sejajar dengan perkembangan sastra Indonesia modern. Pada masa awal tampil sastrawan-sastrawan baru seperti Chairil Anwar dan Idrus yang kemudian terkenal dengan nama Angkatan 45.
近代的な言語としてのインドネシア語の発展は、近代インドネシア文学の発展と一緒に並んで歩んだ。(歩みを共にした。)黎明期において、カイリル・アンワル(詩人)やイドゥルス(作家)のような新しい文学者が現れた。彼等は後日「45年世代」の名で有名になった。

<Kosakata 語彙>

tampil 現れる、登場する
pesat 急速な、スピードが速い
lampau, melampaui 越える
suku, kesukuan 種族、種族主義
peluang チャンス、機会
mengisi waktu terluang ひまつぶしをする
fungsi(英)function 機能を果たす、機能する
sejajar 平行している
jajar 並び、列
jahe(じゃへ)生姜
kopi jahe = ginger coffee

Orientai sastrawan-sastrawan ini tidak lagi terbatas kepada sastra India dan sastra Belanda, melainkan sudah meluas ke seluruh duia.
この文学者らの志向は、インド文学やオランダ文学にとどまらず、全世界に広がった。

<Kosakata 語彙>
orientashi 志向 (英)orientation
pelopor(英)pioneer 開拓者、先駆者

Di samping sastra, seni drama dan film juga berkembang. Pelopor dari perkembangan perfilman nasional adalah Usmar Ismail dan Djamaluddin Malik.
文学のほかに演劇や映画も発展した。インドネシアの国産映画の発展の先駆者は、ウスマル・イスマイルとジャマルディン・マリックである。

Juga seni musik modern mengalami perkembangan dengan dipelopori tokoh Ismail Marzuki dan Cornel Simanjuntak. Begitu juga tokoh Saiful Bahri, Iskandar dan Suwandi tidak boleh dilupakan dalam perkembangan seni musik Indonesia.
近代音楽もイスマイル・マルズキやコルネル・シマンジュンタクという先駆者のおかげで発展した。同様にまたサイフル・バフリ、イスカンダル、スワンディらもインドネシアの音楽発展において忘れてはならない。

Juga nampak perkembangan di bidang seni rupa. Pada permulaan kemerdekaan muncullah pelukis-pelukis kenamaan yang merupakan pelopor seni lukis Indonesia modern dewasa ini seperti Affandi, Sudjoyono, Trisno Sumardjo, Rusli, Baharuddin, dan lain-lian.
美術の分野においても発展が見られる。独立の初め頃、アファディン、スジョヨノ、トゥリスノ・スマルジョ、ルスリ、バハルディンなどの現代インドネシア絵画芸術の先駆者として知られる画家たちが登場した。

<Kosakata 語彙>
seni rupa 美術 (Weblioインドネシア語辞典)
nampak = dapat melihat 見える、見られる
kenamaan = terkenal 有名な


イスマイル・マルズキ公園で映画「幸福の黄色いハンカチ」を見た時、フィンランド人のミッコかアメリカ人のスティーブンのどちらかが武田鉄矢を指して「日本の男ってあんな感じなのか?」と訊いたので、「もちろん違うよ!あれは単なる映画だ。」と答えた。