2018年10月23日火曜日

halaman 43 - 45


     Sebagai suatu organisasi massa yang pertama di Indonesia, antara tahun 1917 - 1920 pengaruh SI sangat terasa dalam politik di Indonesia. Sifaftnya yang demokratis dan berani sangat menarik perhatian orang-orang sosialis kiri, yang tergabung dalam Indische Social-Deocratische Vereniging (ISDV) yang didirikan pada tahun 1914.
インドネシアで初めての大衆組織として、1917年から1920までの間イスラム同盟の影響はインドネシアの政治の中で大きかった。 その民主的で勇敢な性質が、1914年に創立されたオランダ領東インド社会民主協会(ISDV)に属する左翼陣営の社会主義者たちの注目を大いに引いた。

Bilangan mulai 1917 sampai dengan 1920 = 1917 , 1918, 1919, 1920.
menarik perhatian = (英)draw attention
Indische Social-Deocratische Vereniging = Indian Social-Deocratic Society (オランダ領東)インド社会民主協会
vereniging = association

Pemimpinnya ialah seorang Belanda H.J.F.M. Sneevliet. Dengan taktik infiltrasi yang dikenal dengan nama "blok di dalam" mereka berhasil menyusup ke dalam SI.
社会民主協会の指導者はオランダ人のH.J.F.M. スネーフリートである。「内部攪乱」の名で知られる潜入戦術をとり、イスラム同盟の中に入り込むのに成功した。

infiltrasi = (英)infiltration 潜入
taktik = (英)tactic, tactics 〔個々の〕戦術
strategy 戦略。包括的で大規模な作戦遂行の計画をすること。
blok = (英)blok ブロック,圏 《政治・経済上の特殊利益のため提携した数国民・数団体の一団》
susup, menyusup 入り込む、潜り込む
blok di dalam 内部で遮断・分断する→内部攪乱工作

Mereka berhasil mempengaruhi tokoh-tokoh muda SI antara lain Semaun, Darsono dan Tan Malaka. Akibatnya anggota SI juga menjadi sosialis dan sebaliknya. Adalah biasa waktu itu seseorang menjadi anggota dua partai.
彼らはイスラム同盟の若い活動家であるセマウン、ダルソノ、タン・マラカらにうまく影響を与えた。その結果イスラム同盟の会員は社会主義者になり、反対に社会主義者はイスラム同盟の会員になった。当時、同じ人が二つの政党の党員になるのは普通だった。

dan sebaliknya = (英)vice versa = 逆もまた同様

 I think if we learn Taichi, we might be able to understand "Ju" aspect of Goju-ryu more easily. I think it is vice versa for Taichi practitioners.
http://yamada-san.blogspot.com/2007/12/tai-chi-chuan-and-goju-ryu.html
唐手家であるあなたや私が太極拳を習うと、沖縄剛柔流唐手の「柔」の側面をもっと簡単に理解することができるかもしれないと思う。逆もまた同様で、太極拳の鍛錬をしている武術家が沖縄剛柔流唐手を習うと、太極拳の「剛」の側面をもっと簡単に理解することができるかもしれないと思う。(山田の意見)
(英)vice versa 逆に、反対に、逆もまた同様

Sementara itu dalam tubuh organisasi tersebut terjadi perpecahan. Golongan moderat membentuk lagi suatu partai sosialis. Golongan radikal sikapnya telah bersifat komunistis dan condong ke Rusia. Semaun yang menjadi ketua SI cabang Semarang sejak tahun 1916, berhasil membawa SI cabang Semarang ke arah komunis. Sejak itu ia sering kali melancarkan serangan terhadap kebijaksanaan pimpinan SI.
しばらくしてイスラム同盟内部で分裂が起こった。穏健派は新たに社会主義政党をつくった。急進派は共産主義的な態度をとるようになり、ロシアに傾斜していった。

sementara itu そうこうしているうちに
pecah, perpecahan 分裂
komunistis = (英)communistic 共産主義的

Semaun yang menjadi ketua SI cabang Semarang sejak tahun 1916, berhasil membawa SI cabang Semarang ke arah komunis. Sejak itu ia sering melancarkan serangan terhadap kebijaksanaan pimpinan SI.
1916年セマウンがイスラム同盟スマラン支部長になって以来、イスラム同盟スマラン支部は共産主義の方向へ舵を切ることに成功した。それ以来セマウンは頻繁にイスラム同盟指導者の賢明さに対して攻撃を行なった。

bijak, kebijakan 政策
bijaksana, kebijaksanaan 賢明さ、思慮分別
kebijaksanaan/ke·bi·jak·sa·na·an/ n 1 kepandaian menggunakan akal budinya (pengalaman dan pengetahuannya): berkat - beliau, terlepaslah kita dari bahaya besar; 2 kecakapan bertindak apabila menghadapi kesulitan dan sebagainya: perkara ini terserah kepada - orang tua si anak
<APJIK 参考>
P120 『kebijaksanaan yang menonjol 』 が間違っているのはなんで?
kebijakan yang menonjol (=顕著な政策) が正しい。
kebijaksanaan と yang menonjol はインドネシア語の論理上、合わない。
http://bhsindonesia.blog.fc2.com/blog-entry-215.html

     Persoalan yang hangat dalam kehidupan politik waktu itu (tahun 1917-1918) ialah soal Volksraad. Sebahagian organisasi, seperti SI, Boedi Oetomo dan Insulinde (penerus IP) menyokong adanya Voksaraad. Mereka berpendapat bahwa sebagai anggota Volksraad mereka akan berusaha supaya Volksraad dijadikan parlemen sejati. Sebaliknya golongan sosialis, termasuk anggota SI yang radikal seperti Semaun, menganggap Volksraad sebagai alat pemerintah Belanda untuk mengelabui rakyat.
当時(1917~1918)政治生活において白熱していた問題は植民地議会(フォルクスラート)の問題であった。イスラム同盟の一部、ブディ・ウトモ、そしてインシュリンデ(東印度党の後継者)は植民地議会があることに賛成した。彼らは植民地議会の議員として植民地議会が真の国会になるよう努力すればよい、という考えだった。それとは反対に、セマウンのような急進派イスラム同盟の会員を含む社会主義派は、植民地議会(フォルクスラート)はひとびとをだますオランダ政府の道具にすぎない、と考えた。

Volksraad  フォルクスラート、国民参議会、植民地議会
Insulinde = インシュリンデ Insulinde, nama bagi negara kepulauan indonesia yang pernah diusulkan oleh Eduard Douwes Dekker atau yang lebih dikenal dengan nama pena Multatuli. Insulinde diambil dari bahasa latin berarti “Kepulauan Hindia” (insula berarti pulau).
kelabu → abu-abu = 灰色 gray
megelabui (mata) めをくらます、だます、めくらまし、だまし
= menipu

     Sewaktu revolusi Rusia tahun 1917 berhasil, kaum komunis di Indonesia tanpa mempertimbangkan keadaan yang nyata di Indonesia menyerukan agar di Indonesia juga diadakan suatu revolusi. Mereka berhasil menghimpun kekuatan dan mengadakan demonstrasi-demonstrasi. Bentrokan dengan polisi terjadi di banyak tempat. Di samping itu partai mederat mendesak kepada pemerintah kolonial Belanda untuk menggantikan Volksraad dengan parlemen pilihan rakyat.
1917年ロシア革命が成功した時、インドネシアの共産主義者達は、インドネシアの現実の状況をよく考えもせず、インドネシアでも革命を起こすよう呼びかけた。彼らは勢力を動員し、デモを頻繁におこなった。各地で警官隊との衝突が起こった。その他に穏健派の政党はオランダ植民地政府に植民地議会(フォルクスラート)を国民から選出された国会に変えるよう要求した。

menghimpun = mengumpulkan 集める
seru, menyerukan 声高く言う、声高く叫ぶ
timbang, mempertimbangkan 熟慮する
重さを測る→timbang  長さを測る→ukur
bentrok, bentrokan 衝突
di samping itu その他に、その上に
mendesak = (英)insist, (英)request 要求する
植民地議会(フォルクスラート)の議員はオランダが選んだ。
pilihan 選ばれたもの
pemilihan 選挙

Kepada pemerintah dilontarkan tuduhan telah melindungi kapitalisme dan untuk memperkuat diri menentang kapitalisme, partai-partai menggabungkan diri dalam organisasi Radikal Konsentrasi.
政府に対して、資本主義を保護したと非難の言葉が投げかけられた。そして資本主義に反対する勢力をより一層強化するために各政党は Radikal Konsentrasi(急進派の結集)という組織に合流した。状況は深刻になり、インドネシアに危機が訪れた。

lontar, lontarkan, melontarkan, dilontarkan (批判、疑問などの言葉を)投げかける
melontarkan = melemparkan (石などを)投げる
tuduh, tuduhan 非難する、非難
lindung, melindungi 保護する
gabung, menggabungkan 統合させる、合併する、合流する
Pada tahun 1918, di Indonesia terbentuk apa yang disebut sebagai “Radicale Concentratie” (konsentrasi radikal), yang terdiri atas Budi Utomo, Sarekat Islam. Tujuannya adalah untuk mempersatukan aliran-aliran “kiri” dalam Volksraad Budi Otomo yang terdiri atas wakil-wakil yang dipilih dari kalangan rakyat.
gawat 深刻な
* この文の主語は kaum komunis di Indonesia とすると理解しやすい。
Kaum komunis melontarkan tuduhan kepada pemerintah, bahwa pemerintah telah melindungi kapitalisme.

     Untuk meredakan situasi, pemerintah Belanda melalui Gubernur Jenderal mengeluarkan suatu pengumuman. Isinya janji pemerintah untuk memperbaharui ketatanegaraan di Indonesia. Janji ini karena dikeluarkan pada bulan November 1918, dikenal dengan Janji November (November belofte). Pada tahun 1919 dibentuklah Komisi Perubahan yang anggotanya terdiri dari wakil-wakil Belanda dan Indonesia. Hasil komisi ini tidak memuaskan Pergerakan Nasional Indonesia.
鎮静化するためオランダ政府は総督を通じて告示を出した。告示の内容はインドネシアの国家組織を刷新するという政府の約束だった。この約束は1918年11月に発表されたので「11月の約束」と呼ばれている。1919年にオランダとインドネシアの代表委員から成る変更委員会が設立された。この委員会の結果は、インドネシア民族主義運動にとって満足のいくものではなかった。

Gubernur Jenderal 総督
reda, meredakan 鎮静化する
memperbaharui 新しくする
ketatanegaraan 国家組織、統治システム

     Ketika keadaan sudah reda, pemerintah segera mengambil tindakan keras terhadap mereka yang terlibat dalam pelbagai aksi. Anggota-anggota militer dihukum berat. Pegawai negeri dimutasikan. Orang-orang Belanda yang radikal seperti Sneevliet diusir dari Indonesia. Beberapa pemimpin Indonesia seperti Darsono dan Abdul Moeis ditangkap.
状況がすでに鎮静化した時、政府はただちに様々な活動に関わった者に対して強硬な措置をとった。軍関係者は重い刑罰が課された。国家公務員は配置転換された。スネーフリートのような急進派オランダ人はインドネシアから追放された。ダルソノやアブドゥル・ムイスなど数名のインドネシア人指導者は逮捕された。

aksi 活動
mutasi 人事異動、配置転換