2018年10月15日月曜日

halaman 42 - 43

     Dalam masa awal Pergerakan Nasional ini, pada tahun 1913 pemerintah Belanda merencanakan akan merayakan 100 tahun pembebasan Belanda dari pengusahaan Perancis. Di Bandung dibentuk sebuah panitia yang disebut Komite Bumiputra yang menerbitkan tulisan Suwardi Suryaningrat yang berjudul "Als ik eens Nederlander was" (Andaikata aku seorang Belanda).
この民族運動の初期、1913年にオランダ政府はフランスの支配からの解放百周年を祝賀する計画をたてた。バンドンで 「土着民委員会」という名の委員会ができた。彼らは「もしも僕がオランダ人なら」と題する Suwardi Suryaningrat の記事を出版した。

kuasa, penguasaan 支配

Dengan tajam pengarang menyindir ketumpulan perasaan pihak Belanda, bahwa mereka tidak malu-malu untuk menyuruh rakyat Indonesia yang masih meringkuk di bawah telapak kaki penjajahan, untuk ikut merayakan pembebasan Belanda sebagai penjajahnya dari kekuasaan asing lainnya.
植民地支配の足底の下でいまだ身をかがめているインドネシアの人々に、その植民地支配者であるオランダが他の外国勢力の支配から解放されたことをお祝いするよう命令するのを、オランダ人は恥ずかしくないのかと、著者は辛辣にオランダ側の鈍感さを皮肉った。

sindir, menyindir 皮肉る、あざける
karang, pengarang 作者、著者
tapak 手のひら, 掌
telapak kaki 足の裏
tumpul, ketempulan 鈍感
meringkuk v 1 duduk (tidur dan sebagainya) membungkuk; ia pun ~ bersembunyi di kamarnya; 2 mendekam (dalam penjara); terpenjara: ia pernah ~ dua tahun di penjara;
meringkuk しゃがむ、身体を丸める、刑務所に入れられる
mendekam 膝をつくなど態勢を低くする
*「インドネシアを植民地にしてインドネシアの人々を足で踏みつけて支配しておきながら、オランダが外国のフランスの支配から解放されて百年周年になるので、インドネシアの人々もお祝いせよとは、よくもぬけぬけと言ったものだ!」

Tulisan ini ternyata telah menghebohkan masyarakat. Kegiatan komite kemudian dianggap berbahaya. Tiga orang tokohnya yang juga merupakan tokoh IP, yaitu Dr. Douwes Dekker, dr. Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat diadili. Mereka dijatuhi hukuman buangan.
この記事で社会は大騒ぎになった。その後委員会の活動は危険であると見なされた。東印度党の党員でもある三人、すなわち、dr.Douwes Dekker, dr. Tjipto Mangunkusumo, Suwardi Suryaningrat は裁判にかけられ、国外追放になった。

kegiatan 活動
heboh, menghebohkan 大騒ぎになる
buangan 国外追放、流刑

Sebagai tempat buangan, mereka memilih Negeri Belanda. Sejak kepergian mereka IP menjadi mundur.
三人は追放先としてオランダを選んだ。国外追放後、東印度党は弱体化した。

     Di samping tiga perserikatan tersebut di atas, pada tahun-tahun tersebut juga muncul beberapa organisasi lainnya yang bersifat kedaerahan, seperti organisasai-organisasi yang didirikan oleh orang Ambon dan Minahasa.
既に述べた三つの連合組織(= ブデイ・ウトモ、イスラム同盟、印度党)のほかに、同じ時期に、アンボン人やミナハサ人が作った組織のような地方性をもったいくつかの他の組織も登場した。

Muhammadiyah yang juga muncul pada tahun 1912 libih memusatkan diri pada kegiatan-kegiatan sosial dan budaya, seperti mendirikan sekolah-sekolah, dakwah agama dan lain-lain. Tujuan utamanya adalah memurnikan pelaksanaan ajaran agama Islam, sesuai dengan ajaran kitab suci Al Qur'an dan Hadith Nabi Muhammad.
1912年に登場したムハンマディアは社会的な活動や文化的な活動に重点をおいて、学校を建てたり、宗教的命令を出したりする等をおこなった。その主な目的は、聖なる経典・クルアーンの教えと預言者ムハンマドの言行録にしたがって、イスラム教の教えを忠実に実行することである。

Hadith Nabi Muhammad 預言者ムハンマドの言行録
dakwah 伝道活動、宣教活動
Dakwah (Arab "ajakan") adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah.
murni, murnikan 純粋化する、清らかにする
hadith = hadis 言ったこと行なったことを記録したもの

2. Perkembangan Pergerakan Nasional
     Boedi Oetomo walaupun pengaruhnya makin menurun tetapi tetap melaksanakan kegiatan di bidang sosial-budaya. Sewaktu Perang Dunia I meletus pada tahun 1914 Boedi Oetomo melancarkan issue mengenai pentingnya pertahanan sendiri.
2. 民族運動の発展
ブディ・ウトモの影響力はますます低下したとはいえ、かわることなく社会・文化的分野で活動を行っていた。1914年に第一次世界大戦が勃発した時、ブディ・ウトモはインドネシア防衛の重要性に関する問題提起をおこなった。

letus, meletus (戦争が)勃発する
lancar, melancarkan (批判を)行う、展開する
issue = masalah
bring up an issue 問題提起する

Ia menyokong gagasan wajib militer bagi penduduk. Bersama-sama dengan organisasi lain : diantaranya Sarekat Islam, dibentuklah suatu panitia yang diberi nama Indie Weerbar (Hindia yang berketahanan).
ブディ・ウトモはインドネシア住民に対する徴兵制構想を支持した。イスラム同盟をはじめとする他の組織とともに「東印度防衛」という名の委員会を結成した。

Wajib militer (徴兵制)atau seringkali disingkat sebagai wamil adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda terutama pria, biasanya antara 18 - 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara dan mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan seorang itu sendiri. Wamil biasanya diadakan guna untuk meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian seorang itu dan biasanya diadakan wajib untuk pria lelaki. Yang harus wamil biasanya adalah warga pria. Warga wanita biasanya tidak diharuskan wamil.
gagasan 構想、考え、アイデア
sokong, menyokong 支持する
pertahanan 防衛

Dalam pertemuan-pertemuan yang diadakan untuk membicarakan soal wajib militer, pokok pembicaraan makin meluas. Soal dewan perwakilan rakyat, di mana kepentingan rakyat dapat dibicarakan dengan lebih leluasa, menigkat menjadi hal yang penting.
徴兵制の問題を話し合う会議をするうちに議題はさらに広がっていった。国民の利益をより自由に話し合うことが出来る国民代表議会すなわち国会の問題は重要事項に格上げされた。

pokok pembicaraan = agenda 議題、協議事項
leluasa 自由な、制限されない
kepentingan 利益

Utusan Indie Weerbaar yang dikirim ke negeri Belanda gagal dalam usahanya mendesak pemerintah untuk melaksanakan undang-undang wajib militer di Indonesia. Akan tetapi mereka berhasil mendesak soal perwakilan rakyat. Undang-undang pembentukan dewan rakyat (Volksraad) disahkan pada bulan Desember 1916 oleh parlemen Belanda.
「東印度防衛」の使節はオランダに派遣されたが、インドネシアでの徴兵制の法律をオランダ政府が制定するようにという要請はうまくいかなかった。しかし、国民代表の問題の要請はうまくいった。国民議会・植民地議会(フォルクスラート)を設置する法律はオランダ議会により1916年12月可決された。

desak, mendesak 3 meminta (menganjurkan dan sebagainya) dengan sangat: para buruh ~ atasannya melalui serikat buruh agar gajinya dinaikkan
sah, mensahkan 可決する、決定する