2018年9月27日木曜日

halaman 39 - 40

     Melihat tujuan Sarekat Islam (SI), nampak tidak adanya kegiatan politik. Dan memang partai politik waktu itu belum dibolehkan. Akan tetapi aksi-aksi yang dijalankannya dipandang berbahaya oleh pemerintah jajahan. Apalagi surat kabar, majalah dan lain-lain telah membantu menyebarluaskan cita-cita Sarekat Islam. Karena itu pemerintah jajahan Belanda mulai berhati-hati. Gerak-gerik Sarekat Islam diawasi dengan cermat.
イスラム同盟の目的を見ると、政治活動が見当たらないようだ。そしてもちろん当時政党はまだ許されていなかった。しかしイスラム同盟のしている様々な活動は植民地政府により危険とみなされていた。新聞や雑誌その他にいたってはイスラム同盟の考えを広めるのを助けていた。そのためオランダ植民地政府はイスラム同盟の動きを注意深く慎重に監視し始めた。

nampak = dapat melihat 見える
aksi 活動、行動 action
apalagi さらに、そのうえ、なおさら
gerak-gerik 動き
awas, mengawasi 監視する
dengan cermat 注意深く

Timbul juga pertanyaan dalam pikiran kita, mengapa Sarekat Islam dapat begitu cepat diterima oleh rakyat Indonesia? Sebabnya antara lain yalah karena organisasi ini digerakkan oleh orang-orang yang tidak menjadi pegawai pemerintah jajahan, bahkan ditegaskan bahwa pegawai negeri tidak boleh menjadi anggota pengurus.
ここであれっと疑問に思いませんか。どうしてイスラム同盟はこんなにもはやくインドネシアの人々に受け入れられたのか?いろいろある理由のなかでとりわけ注目すべきは、この組織は植民地政府の官吏でないひとたちによって運営されていたからだ。さらに官吏・公務員は役員になれない、とはっきり言い切っている。

pengurus 幹部
pengurus = (英)board, managemanet, manager
(印尼)anggota pengurus = (英)a board member = (日)役員
tegas, menegaskan 明言する

Banyak nama-nama yang dalam pergaulan masyarakat umum Indonesia sangat dihormati, menjadi anggota, umpamanya alim-ulama dan kyai-kyai.
インドネシアの一般社会の著名人の多くがイスラム同盟の会員となった。例えばイスラム教の学者や神秘主義の指導者などである。

umpama 例
alim-ulama イスラム教の学者
kyai = kiai イスラムやジャワ神秘主義の老師にたいする尊称

Ia membela kepentingan rakyat kecil, yang dalam kehidupan sehari-hari memang terlihat dengan pedagang-pedagang Cina yang banyak menguasai kebutuhan hidup sehari-hari.
庶民の日常生活で華僑が日常必需品を牛耳っているのはもちろん誰もが知っていることだ。そうした中でイスラム同盟は庶民の味方をした。

牛耳る (英語)control
terlihat 目にする、見られた、知られた

Dan juga karena organisasi ini disangkutkan dengan Islam, agama yang dianut oleh sebagian besar rakyat Indonesia. Itulah sebabnya organisasi ini berhasil menyusup sampai ke lapisan bawah masyarakat, yaitu masyarakat kecil yang sejak berabad-abad hampir tidak pernah mengalami perubahan nasib, dan paling banyak menderita.
また、この組織はインドネシア人のほとんどが信仰するイスラム教と関連する。そのためこの組織は社会の下層部にまで入り込むことに成功したのだ。下層にある庶民は数世紀にわたってほとんど運命が変わったことはなく、最も多く苦しみに耐えてきた。

susup 入り込む
sangkut, menyangkut 関連する、関係する
bersangkutan = berhubungan

     Kongres Sarekat Islam pertama diadakan pada bulan Januari 1913 di Surabaya. Di sini ditegaskan bahwa SI bukan partai politik. Ia tidak bertindak melawan pemerintah Hindia Belanda. Haji Oemar Said Tjokroaminoto di pilih sebagai Ketua SI. Surabaya ditetapkan sebagai kedudukan pusat SI.
1913年1月にスラバヤでイスラム同盟の会議が初めておこなわれた。ここでイスラム同盟は政党ではないと明言した。イスラム同盟はオランダ東印度政府に逆らうようなことはしない。イスラム同盟の議長に Haji Umar Said Cokroaminoto が選ばれた。イスラム同盟の本部をスラバヤに置いた。

tindak 行為、活動  bertindak 行う、活動する
tetap 不変
menetapkan 決める、決定する

     Laju perkembangan SI tidak dapat dibendung lagi. Dalam kongres kedua di Solo diputuskan bahwa SI hanya terbuka untuk bangsa Indonesia. Untuk menjaga agar corak SI tetap sebagai organisasi rakyat dilakukan pembatasan terhadap pegawai negeri sebagai anggota.
もはやイスラム同盟発展の勢いを止めることはできなかった。ソロでおこなわれた第二回の会議でイスラム同盟はインドネシア人のみに開かれていることが決議された。確固とした人民組織としてのイスラム同盟の特長を維持するため国家公務員の入会を制限した。

laju 速い
bendung せき止める 抑制する
putus, memutuskan 決める、決定する
corak スタイル = type, characteristic
batas, pembatasan 制限
terhadap ~に対する

     Kekuatan yang terhimpun dalam lingkungan SI dan keberanian tindakannya menguatirkan pemerintah kononial. Karena itu pada tahun 1913 pemerintah mengeluarkan suatu peraturan yang menetapkan bahwa cabang-cabang SI harus berdiri untuk daerah masing-masing. Jadi sebagai cabang merupakan suatu badan hukum tersendiri. Namun suatu pengurus sentral yang merupakan badan perwakilan dari SI-SI daerah itu diperbolehkan.
イスラム同盟のもと結集された力と勇気ある行動が植民地政府を不安にさせた。そのため1913年に政府はイスラム同盟の支部は各地方ごとに設立しなければならないという規則を制定した。従って支部はひとつの孤立した法的団体となった。とはいえ、地方のイスラム同盟を代表する組織体である中央委員会は認められた。

himpun 集める
kuatir (= khawatir) 心配する
kuatir, menguatirkan (接尾辞 kan をつけて他動詞にする)心配させる
pengurus sentral(英語)Cetral Comittee 中央委員会
いわゆる divide and rule という支配者の定石か。

     Sentral Sarekat Islam didirikan pada tahun 1915 di Indonesia. Tugasnya adalah membantu SI daerah ke arah kemajuan dan mengatur kerjasama antar SI daerah.
1915年にインドネシアでイスラム同盟中央が設立された。その任務は地方のイスラム同盟が後退することなく前進するのを支援し、地方のイスラム同盟間の協力を調整することであった。

atur, mengatur  整理する、組織だてる (英語 = organize)
kerjasama 協力 (英語 = co-operation)

Pada bulan Juni 1916 di Bandung diadakan suatu Kongres Nasional SI yang pertama. Waktu itu SI telah tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah anggota kira-kira 800.000 orang. Suatu jumlah yang waktu itu adalah sangat luar biasa. SI merupakan partai yang paling kuat dan paling bergerak waktu itu. Pemimpin-pemimpin yang menonjol waktu itu yalaha : HOS. Tjokroaminoto, Haji Agus Salim dan Abdul Moeis.
1916年6月バンドンでイスラム同盟第一回全国大会が開かれた。その時イスラム同盟は会員数約80万人のインドネシア最大の組織だった。この数字は当時としてはとても信じられないくらいすごいものだった。イスラム同盟は当時最強にして最も活動的な政党だった。著名な指導者たちは、Haji Umar Said Cokroaminoto, Haji Agus Salim, Abdul Muis である。

* ピリオドとコンマの表記法が違う(印尼)800.000 = (英)(日)800,000 インドネシアだと逆になって、三桁区切りがピリオドで、小数点がコンマだ。
luar biasa 異常、尋常ではない

Sepeda buatan Jepang yang bernama Tartaruga Type FOLDING