2019年2月26日火曜日

(その1)スラマタン No.4 Selamatan ADAT ISTIADAT DI INDONESIA

Bahan-bahan pelajaran bagi para pelajar kelas II jurusan bahasa Indonesia, Lembaga Ilmu Bahasa-Bahasa Asia-Afrika (1977).
アジア・アフリカ語学院インドネシア語学科二年生教材(1977年)


ADAT ISTIADAT DI INDONESIA

No.4  Selamatan

   Walaupun Islam merupakan agama yang terpenting di Indonesia, sebagian penduduk, terutama di Jawa, tidaklah secara mutlak megikuti agama tersebut. Kepercayaan mereka adalah suatu perpaduan antara ajaran Islam dengan kepercayaan rakyat akan roh dan tenaga gaib, yang sudah berabad-abad berurat-berakar di kalangan rakyat. Di dalam perkembangannya, Islam berubah bentuk dan disesuaikan dengan keadaan dan suasana setempat. Terutama mistik memegang peranan penting dalam kehidupan rohani masyarakat Jawa. Mistik ialah keinginan jiwa manusia untuk berdekatan, berhubungan langsung dengan Tuhannya.

回教はインドネシアの最も盛んな宗教となっているけれども、一部分の住民、とくにジャワの人は無条件でその宗教を信仰しているという訳ではない。ジャワ人の信仰は、回教の教えとすでに幾世紀に亘って国民階層にすでにしっかりと根をおろした精霊や神秘力に対する国民の信仰とが一体となったものである。その発展の間に回教は形が変わり、その土地の状態と環境に適応させられた。特に神秘主義はジャワ社会の精神生活の中で重要な役割をもっている。神秘主義は神と近づき合ったり、直結したいという人間の精神的願望である。

<Kosakata
語彙>
rupa 形, me+rupa+kan 形となす = ~となる、~である = adalah
bagi+an = 部分
se = satu
sebagian → se+bagi+an 一部分
terpenting → ter+penting = paling penting 最上級(最も) に付く接頭辞ter 最も重要な

terbaik → ter+baik = paling baik 最も良い
saat terbaik untuk melangsungkan selamatan スラマタンを実行するのに最も良い時
penting = 重要な、大切な
Yang penting kita berdendang. 大事なのは君や僕がノリノリで歌をうたことさ。
dendang, berdendang 歌を口ずさむ、楽しみながら歌う
terutama (ter+utama)  特に (英 especially)
walaupun = (英 although)とは言え
secara のやり方で

mutlak 絶対の = tidak boleh tidak; harus ada
Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. 日本は連合国に無条件降伏した。
perpaduan 融合
rakyat 国民
urat 血管、根
akar 根
roh 精霊
gaib 神秘
mistik 神秘主義
rohani 精神


    Salah satu upacara yang umum diadakan oleh suku bangsa Jawa ialah selamatan. Tujuannya ialah untuk memohon restu bagi seseorang atau suatu keluarga, supaya mereka selamat dan tidak ditimpa bahaya atau kemalangan dalam perjalanan hidupnya. Upacara demikian diadakan pada waktu ada kejadian-kejadian penting, seperti kelahiran, sunatan, perkawainan, kematian, perpindahan dan sebagainya.

ジャワ人が公開して行う儀式のうちのひとつがスラマタンである。その目的は人生行路において安全で危険や不運におそわれないよう個人あるいは家族のために祝福を願うことである。そのような儀式は誕生、割礼、結婚、死去、引越し等のような重要なできごとがあった時に行われる。

<Kosakata 語彙>
restu 祝福
selamat 安全、安寧
timpa, menimpa ぶつかる、(不幸が)おそう
malang, kemalangan 不幸、災難
perjalanan hidup 人生行路
kejadian できごと
sunatan 割礼