2018年8月8日水曜日

豬八戒之歌 Lagu Cu pat kai 猪八戒の歌

豬八戒之歌
Lagu Cu pat kai
 

猪八戒の歌
 


想当年俺本是天蓬元帅
ingat waktu dulu aku adalah panglima Thien Feng
以前私は天蓬元帥だった

吃醉酒出了错打下尘埃
minum arak mabuk melakukan kesalahan
Dibuang ke dunia manusia
酒を飲んで酔っ払って馬鹿なことをして
人間の世界に捨てられた


高老庄打抱不平仗义除害
menegakkan keadilan dengan membunuh
penjahat di desa keluarga Gao
正義のため高老荘という村で悪い奴をやっつけた
 

招赘俺当女婿是你自己
mencari aku menjadi menantumu
itu semua adalah kamu
おまえの娘婿にしようと俺を見つけた
みんなおまえがしたことだ

 

是你自己安排
itu semua adalah kamu yang atur
みんなおまえが段取りしたのだ
 

别看俺吃的多干活痛快
Jangan melihat aku makan terlalu banyak
おれが無茶苦茶たくさん食べるのを見るな
 

虽说俺长的丑胸有奇才
tapi aku kuat bekerja
でもおれは働き者だ
 

又老实哎又善良心眼不坏
siapa bilang aku jelek
俺がぶさいくだと誰が言った
tapi memiliki bakat yang luar biasa
でもすごい才能があるんだ
sudah jujur juga baik hati dan tak genit
誠実で親切で他の女に色目を使ったりしない

似这样好女婿你可哪里你可哪里招来
kamu di mana bisa menemukan menantu baik seperti aku
俺みたいないい婿をおまえは一体どこで見つけようってんだい?
 

到如今反说俺是个妖怪
sampai sekarang
selalu bilang aku adalah siluman
今までいつも俺が妖怪だと言ってきた
 

丈人啊我的丈人啊
Bapak mertua .. Pak mertuaku
義父・・義理のおとうさん
 

评一评这个理儿你该是不该,你该是不该
coba kamu pikir sedikit keadilan
apakah kamu pantas melakukannya
お前にそんなこと言う資格があるのか
ちょっと公平に考えてみなよ

 

碰上俺孙猴哥万般无奈
putus asa aku ketemu abang kera itu
benar-benar terpaksa
絶望した俺は本当に仕方なく猿の兄貴に出会った
 

随师父上西天受累当差
menemani Guru pergi ke barat
yang ada cuma keletihan
ただひたすら疲れるだけの
偉い坊さんが西へ行く旅にお供するのさ

 

你叫俺好媳妇安心等待
memberitahu istriku
harus dengan tenang menunggu aku
おとなしく待っていてくれと
妻に伝えてくれ


丈人啊我的丈人啊
Bapak mertua .. Pak mertuaku
義父・・義理のおとうさん
 

到那时再团圆善哉善哉
tunggu saat itu kita akan bersama lagi
また皆一緒になるまで待っててください
akan menjadi indah
立派になるまで待っててください



<Terjemahan dari bahasa Tionghoa ke dalam bahasa Indonesia oleh Phak mo 中文→印尼文・Phak mo / Terjemahan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jepang oleh Yamada 印尼文→日本文・山田>

<Kosakata 語彙>
Cu pat kai 猪八戒
tegak 直立した
menegakkan 立てる、確固たるものにする
menegakkan keadilan 正義を確立する
desa 村

atur 整える、手配する
bakat 才能
siluman 妖怪
mertua, bapak mertua 義父keadilan 公平、公正
pantas 適切な、に値する、ふさわしい

letih = lelah sekali
keletihan 疲労