2018年8月6日月曜日

halaman 35 - 37

     Pada tahun 1906 dan 1907 dr. Wahidin Sudirohusodo mengadakan suatu perjalanan kampanye ke seluruh pulau Jawa. Di tempat-tempat yang dikunjunginya ia mengajurkan perluasan pengajaran sebagai langkah untuk memajukan kehidupan rakyat.
1906年と1907年にワヒディン・スディロフソド博士はジャワ島全土を啓蒙活動のため行脚した。訪問先でひとびとの生活向上のための手立てとして教育の拡大を訴えた。

Tujuan itu akan dapat dilaksanakan tidak hanya dengan menuntut kepada pemerintah akan tetapi juga dapat dilaksanakan atas usaha sendiri. Caranya dengan membentuk "dana pelajar", yang hasilnya akan digunakan untuk menyonkong pelajar-pelajar yang kurang mampu.
その目的達成のため政府に要求するだけでなく、自分たちでも出来ることをする。具体的には「学生基金」を設立することだ。集めたお金で経済的に苦しい学生を助けるのだ。

Dalam perjalanan kampanye, pada akhir tahun 1907, dr. Wahidin bertemu dengan Sutomo, seorang mahasiswa STOVIA (Sekolah Dokter Pribumi) di Jakarta. Mereka memperbincangkan nasib rakyat yang masih kurang mendapat pendidikan. Kelihatan bahwa keduanya mempunyai gagasan dan cita-cita yang bersamaan.
1907年末、遊説の途上でワヒディン博士はジャカルタにある土着民のための医学校「ストビア」の学生であるストモと出会った。ふたりは教育の機会に恵まれないひとびとの運命について語り合った。二人とも同じような考えや志をもっていることがわかった。

     Sebagai cetusan dari pada cita-cita mereka, maka pada tanggal 20 Mei 1908 mahasiswa STOVIA membentuk organisasi yang diber nama Boedi Oetomo. Sebagai ketua terpilih Sutomo.
ふたりが目指すところの発案として、1908年5月20日にストビアの学生らは「ブディウトモ」という名の団体を設立した。議長にストモが選ばれた。

Boedi Oetomo disusun dalam bentuk suatu organisasi modern, sehinngga dapat dipandang sebagai pelopor dari Pergerakan Nasional di Indonesia. Tanggal berdirinya Boedi Oetomo dipandang sebagai Hari Kebangkitan Nasional yang setiap tahun diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia.
ブディウトモは近代的組織形態にきちんと組織されていた。そのためインドネシア民族主義運動の先駆者と言える。ブディウトモが設立された日は「民族がめざめた日」とされ、インドネシア全国民が毎年この日を忘れないようにしている。

Pada Permulaan Boedi Oetomo merupakan organisasi dari para pelajar STOVIA dan tujuannya dirumuskan secara samar-samar yaitu kemajuan bagi Hindia. Yang diterima sebagai anggota hanyalah terbatas pada penduduk Jawa dan Madura dan baru kemudian terbuka untuk penduduk Indonesia lainnya.
ブディ・ウトモは最初ストビアの学生団体で、その目的はぼかして簡素にし、「東印度の発展」とした。会員はジャワとマドゥラの住民に限定されたが、後に他の地域のインドネシア住民にも門戸が開かれた。

Berdirinya Boedi Oetomo ternyata sangat menarik perhatian masyarakat. Dalam 6 bulan saja yaitu antara bulan Mei sampai bulan Oktober 1908, cabang Boedi Oetomo telah berdiri di Jakarta, Bogor, Bandung, Magelang, Surabaya, Probolinggo dan Yogyakarta.
ブディ・ウトモの設立は社会の関心を大いに引くことになった。1908年の5月から10月のわずか6ヶ月間で、ブディ・ウトモはジャカルタ、ボゴール、バンドン、マゲラン、スラバヤ、プロボリンゴ、ヨグヤカルタに支部を作った。

     Lama-kelamaan cita-cita Boedi Oetomo mulai mendapat dukungan dari kalangan cendekiawan Jawa. Terlihat bahwa setelah mendapat dukungan dari golongan tua, pelajar-pelajar mulai tersishkan dan kemudian lebih memusatkan diri untuk meneruskan pelajaran.
やがてブディ・ウトモの目標はジャワの知識人層から支持を得られ始めた。古い層からの支持を得られてからというもの、学生達は隅に追いやられ始め、その後はもっと学業に専念することになった。

Untuk lebih memperkuat diri, Boedi Oetomo mengadakan kongres pertama di Yogyakarta pada bulan Oktober 1908. Setelah melalui perdebatan di dalam kongres, diambil keputusan sebagai berikut :
さらに組織を強くするためブディ・ウトモは1908年10月にヨグヤカルタで第一回目の会議を開いた。会議での討論を経て以下の決議が採択された。

1) Boedi Oetomo tidak ikut mengadakan kegiatan politik.
2) Kegiatan terutama ditujukan kepada bidang pendidikan dan                budaya.
3) Ruang gerak terbatas hanya untuk daerah Jawa dan Madura.
Di samping itu telah ditunjuk R.T. Tirtokusumo, bupati Karanganyar, sebagai ketua. Pusat organisasi ditetapkan di Yogyakarta.
① ブデイ・ウトモは政治活動に参加しない。
② 最も重要な活動は教育と文化の分野に焦点をあてる
③ 活動範囲はジャワとマドゥラのみに限定する
その他に、カランガニャール県知事のR.T.ティルトクスモを議長に指名した。組織の本部はヨグヤカルタに決定した。

<Kosakata 語彙>
perdebatan 議論、討論
ruang 範囲
terutama 最も重要な
tuji, menujukan 向ける、目指す
lama-kelamaan やがては、ついには
rumus 簡略にする、簡素にする
samar ぼんやりした、隠された、変装する nama samaran 偽名
pelopr = pioneer 先駆者
bangkit (英語 resurgent = よみがえる、再起する、復活する、生き返る)
cetus, pencetus 発案者
dana 基金、財源
ajur, mengajurkan 提唱する
luas, perluasan 拡大
langkah 手段
Dr. Soetomo ストモ先生