2018年8月10日金曜日

(1)バリ島の民話 チャロン・アランのはなし Kisah Calon Arang


Cerita Rakyat Bali: Kisah Calon Arang
バリの民話: チャロン・アランのはなし 


Pada suatu masa di Kerajaan Daha yang dipimpin oleh raja Erlangga, hidup seorang janda yang sangat bengis. Ia bernama Calon Arang. Ia tinggal di desa Girah. Calon Arang adalah seorang penganut sebuah aliran hitam, yakni kepercayaan sesat yang selalu mengumbar kejahatan memakai ilmu gaib.
あるときエルランガ王が支配するダハ王国にとても残虐な未亡人がいました。名前をチャロン・アランといい、ギラ村に住んでいました。チャロン・アランは誤った教えである異端の黒魔術の使い手で、妖術を使ってはやりたい放題悪事を働いていました。

janda 未亡人
bengis = kejam 残虐な
gaib 神秘的な
sesat 誤った
umbar, mengumbar 自由にする、~しまくる


Calon Arang mempunyai seorang putri bernama Ratna Manggali. Karena puterinya telah cukup dewasa dan Calon Arang tidak ingin Ratna Manggali tidak mendapatkan jodoh, maka ia memaksa beberapa pemuda yang tampan dan kaya untuk menjadi menantunya. Karena sifatnya yang bengis, Calon Arang tidak disukai oleh penduduk Girah. Tak seorang pemuda pun yang mau meperisteri Ratina Manggali. Hal ini membuat marah Calon Arang. Ia berniat membuat resah warga desa Girah.
チャロン・アランにはマンガリ姫というひとり娘がいました。チャロン・アランは、自分の娘がもう十分に年頃なのに結婚相手がいないのは絶対いやだったので、何人かの男前で金持ちの青年を無理やり婿にしようとしました。チャロン・アランは非情な性格だったので、ギラ村の住人に好かれてはいませんでした。ひとりの青年もマンガリ姫を妻にしようとは思いませんでした。チャロン・アランはこのことを腹立たしく思い、ギラ村のひとびとを不安に陥れてやろうと思いました。

ratna 宝石、姫 
pecah sebagai ratna 玉砕
jodoh 結婚相手
paksa, memaksa 強制する
tampan = gagah かっこいい、男前
menantu 婿
niat, berniat ~する意図がある、~するつもりである
resah 不安な、心配な
warga 住民


"Kerahkan anak buahmu! Cari seorang anak gadis hari ini juga! Sebelum matahari tenggelam anak gadis itu harus dibawa ke candi Durga!" perintah Calon Arang kepada Krakah, seorang anak buahnya. Krakah segera mengerahkan cantrik-cantrik Calon Arang untuk mencari seorang anak gadis. Suatu pekerjaan yang tidak terlalu sulit bagi para cantrik Calon Arang.
「手下どもを集めろ!今日中に女の子を一人見つけろ!陽が沈むまでにその娘をドゥルガ寺院へ連れてくるんだ!」チャロン・アランは手下のクラカに命じました。、クラカは、女の子を見つけるため、ただちにチャロン・アランの弟子たちを狩り集めました。チャロン・アランの弟子たちにとってそんな仕事は朝飯前でした。

kerah, kerahkan 召集する、かり集める
tenggelam 沈む
anak buah 部下、手下(てした)
cantrik 弟子、僧院の門弟
cantrik Jw n 1 orang yang berguru kepada orang pandai (sakti); murid pendeta (pertapa); 2 pengikut
berguru 先生について学ぶ、師事する(師として尊敬し、教えを受けること)


Sebelum matahari terbit, anak gadis yang malang itu sudah berada di Candi Durga. Ia meronta-ronta ketakutan. "Lepaskan aku! Lepaskan aku!" teriaknya. Lama kelamaan anak gadis itu pun lelah dan jatuh pingsan. Ia kemudian dibaringkan di altar persembahan. Tepat tengah malam yang gelap gulita, Calon Arang mengorbankaan anak gadis itu untuk dipersembahkan kepada Betari Durga, dewi angkara murka.
陽が沈む前に不運な女の子はドゥルガ寺院にもう連れてこられていました。女の子は恐ろしくてなんとかして逃げようともがきました。「離せ!離せ!私を自由にしろ!」と叫びました。やがて女の子は疲れ果て、気を失って倒れました。その後娘は祭壇に横たえられました。真っ暗闇のちょうど真夜中にチャロン・アランは女の子を残忍な女神ドゥルガの生贄(いけにえ)にしました。

ronta, meronta-ronta 逃れようとしてもがく
lelah = cape 疲れた
pingsan 気絶する、失神する、気を失う
baring, membaringkan 横たえる
tempat berbaring 寝台、ベッド
gelap gulita 真っ暗の
angkara murka 残酷な


Ketukan Calon Arang menjadi kenyataan. "Banjir! Banjir!" teriak penduduk Girah yang diterjang alirang sungai Brantas. Siapapun yang terkena percikan air sungai Brantas pasti akan menderita sakit dan menemui ajalnya. "He, he... siapa yang berani melawan Calon Arang? Calon Arang tak terkalahkan!" demikian Calon Arang menantang dengan sombongnya. Akibat ulah Calon Arang itu, rakyat semakin menderita. Korban semakin banyak. Pagi sakit, sore meninggal. Tidak ada obat yang dapat menanggulangi wabah penyakit aneh itu.
チャロン・アランの呪いは現実になったのです。「洪水だ!洪水だ!」ブランタス川の濁流に襲われたギラ村の住人が叫びました。ブランタス川の水しぶきを浴びた者は誰でも必ず病気になり、死にました。「へ、へ、へ・・・チャロン・アラン様に逆らおうとする奴はどこのどいつだ?チャロン・アラン様は無敵だぁ!」と言ってチャロン・アランは傲慢な態度で挑発しました。そうしたチャロン・アランの悪行のせいで、ひとびとはますます苦しみました。犠牲者はさらに増えました。朝病に臥せっていたものは、夕べには亡くなるといった有様です。その奇妙な伝染病を治すことができる薬はありませんでした。
 

kutuk 呪い
terjang に襲いかかる
percikan = percik しぶき、水が飛び散る
ajal 死、寿命
tantang, menantang 対抗する、挑発する、挑戦する
sombong 傲慢な、横柄な
ulah 行為、ふるまい、悪さ = olah
korban 犠牲、犠牲者
tanggulang, menanggulangi 抑える、克服する、対処する
= mangatasi
wabah = penyakit menular 伝染病


"Apa yang menyebabkan rakyatku di desa Girah mengalami wabah dan bencana?" tanya Prabu Erlangga kepada Paman Patih. Setelah mendengar laporan Paman Patih tentang ulah Calon Arang, Prabu Erlangga marah besar. Genderang perang pun segera ditabuh. Maha Patih kerajaan Daha segera menghimpun prajurit pilihan. Mereka segera berangkat ke desa Girah untuk menangkap Calon Arang. Rakyat sangat gembira mendengar bahwa Calon Arang akan ditangkap. Para prajurit menjadi bangga dan merasa tugas suci iu akan berhasil berkat doa restu seluruh rakyat.
「ギラ村のひとびとは伝染病や災害に苦しんでいる、いったいどうしたというんだ?」エルランガ王はおじのパティに尋ねました。おじのパティはチャロン・アランの悪行について報告しました。それを聞いたエルランガ王は怒りが収まりません。戦いの太鼓をすぐに叩きました。ダハ王国の偉大なパティはすぐさまえりすぐりの兵士を集めました。兵士たちはチャロン・アランを捕まえるためただちに出発しました。チャロン・アラン征伐のことを聞いてひとびとは大喜びでした。兵士たちは誇らしく思い、全国民の祝福の祈りを受け必ずやその聖なる任務が成功すると感じた。

prabu = プラブ(王の称号)prabu <kata lama> <noun> (sebutan) raja
bencana 災害
genderang 太鼓
tabuh, menabuh (太鼓を)叩く
himpun, menghimpun 集める
restu 祝福


Prajurit kerajaan Daha sampai di desa kediaman Calon Arang. Belum sempat melepaskan lelah dari perjalanan jauh, para prajurit dikejutkan oleh ledakan-ledakan menggelegar di antara mereka. Tidak sedikit prajurit Daha yang tiba-tiba menggelepar di tanah, tanpa sebab yang pasti.
ダハ王国の兵士達はチャロン・アランのすみかに着きました。兵士達は、長旅の疲れを癒す間も無く、兵士達の間で轟音が響く爆発があり、恐れおののきました。ダハ王国の少なからぬ兵士が原因不明で地面に倒れてのたうちまわったのでした。

diam, kediaman 住居、すまい
ledakan 爆発
gelegar, menggelegar v berbunyi gemuruh (seperti bunyi meriam, bom)
gemuruh 轟音
menggegar 大砲や爆弾の轟くような音がする
meriam 大砲
gelepar, menggelepar 倒れてのたうちまわる


Korban dari prajurit Daha terus berjatuhan. Musuh mereka mampu merobohkan lawannya dari jarak jauh, walaupun tanpa senjata. Kekalahan prajurit Daha membuat para cantrik, murid Calon Arang bertambah ganas. "Serang! Serang terus!" seru para cantrik. Pasukan Daha porak poranda dan lari pontang-panting menyelamatkan diri. Prabu Erlangga terus mencari cara untuk mengalahkan Calon Arang. "Untuk mengalahkan Calon Arang, kita harus menggunakan kasih sayang." kata Empu Barada dalam musyawarah kerajaan. "Kekesalan Calon Arang disebabkan belum ada seorang pun yang bersedia menikahi puteri tunggalnya."
ダハ王国兵士の犠牲者は次々とばたばた倒れました。敵は武器を使うことなく遠くから相手を倒すことが出来ました。ダハ王国の兵士を打ち負かすことができたので、チャロン・アランの弟子たちはより一層凶暴になりました。「やっちまえ!攻撃を続行せよ!」弟子たちは叫びました。ダハ王国の部隊は散り散りになって、一目散に逃げました。エルランガ王はチャロン・アランを打ち負かすいい手はないか、なおも考えました。「チャロン・アランを倒すには愛のチカラを使わなければなりません」と、王国の会議でバラダ先生は言いました。「チャロン・アランの怒りと不満の原因は、自分のひとり娘と結婚しようとする者が一人もいないことだ。」

jatuh, berjatuhan バタバタ倒れる
roboh, merobohkan 倒す
ganas 凶暴な
serang 攻撃する 
serang dan pecah 撃砕
pasukan 部隊
pasukan ninja yang bernama terang bulan 忍者部隊月光
porak poranda 散り散りばらばらになった
pontang-panting あわてふためいた
一目散に逃げる run for one's life
empu クリスを作る刀匠、師匠、先生
musyawarah 会議
kesal, kekesalan いやになってくさった、嫌悪、不満
tunggal 一人の
anak tunggal 一人っ子


<sumber 出典>
https://ceritadandongengrakyat.blogspot.com/2017/05/cerita-rakyat-bali-kisah-calon-arang.html


<akan bersambung つづく>


 
後編 ↓
http://santai62.blogspot.com/2018/08/kisah-calon-arang.html

<Terjemahan oleh Yamada 翻訳・山田>